Berkat Prestasi dan Inovasi, Sinjai Jadi Lokus Studi PKA Kemendagri

Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) menerima plakat dari Koordinator Widyaiswara PKA PPSDM Kemendagri Regional Makassar, Kaharuddin Sarjono. /Ashari/AKURATNEWS.

AKURATNEWS - Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Regional Makassar melaksanakan studi lapangan kinerja organisasi Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) angkatan VI di Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan.

Rombongan yang dipimpin Koordinator Widyaiswara PKA, Kaharuddin Sarjono, diterima Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) di Ruang Pola Kantor Bupati Sinjai, Kamis (22/7/2021).

Kaharuddin Sarjono mengatakan, studi lapangan yang dilakukan hingga Minggu 25 Juli 2021 mendatang bertujuan untuk mempelajari, mendalami, dan menemukenali keunggulan inovasi yang telah dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai.

“Jadi studi lapangan PKA ini, bagaimana menemukenali tentang inovasi itu. Apalagi inovasi merupakan satu kebutuhan yang sangat esensial,” ungkapnya.

Alasan memilih Kabupaten Sinjai sebagai tempat Studi Lapangan diungkapkan Kaharuddin, karena adanya sejumlah inovasi yang telah dikenal hingga tingkat Kementerian, salah satunya Rumah Singgah Kelahiran (RTK) Bahari.

Kemudian, prestasi Pemkab Sinjai di bidang pengelolaan keuangan yang telah diakui Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sulsel berupa Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) lima kali berturut-turut, serta strategi pembangunan program unggulan di bidang keagamaan yaitu pembangunan Masjid Islamic Center.

“Ini yang menjadi alasan kami memilih Kabupaten Sinjai, dan kami tidak salah memilih tempat studi lapangan PKA,” terangnya.

Kaharuddin menyebutkan bahwa sebanyak 40 peserta mengikuti Studi Lapangan PKA angkatan VI dari delapan Pemerintah Kabupaten/Kota di Timur Indonesia.

Mereka merupakan utusan dari Halmahera Utara, Bone, Luwu Timur, Puncak Jaya Papua, Kepulauan Selayar, Teluk Wandama Papua Barat, Teluk Bintuni, Sulbar dan IPDN.

Sementara Bupati ASA mengaku bersyukur dan bangga Kabupaten Sinjai menjadi lokus pelaksanaan Studi Lapangan PKA Kemendagri Regional Makassar.

Bupati ASA berharap, dari hasil kunjungan ke beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD), akan melahirkan inovasi-inovasi bagi para peserta yang dapat memberikan manfaat untuk pembangunan di daerah masing-masing.

“Kami juga berharap ada masukan dan saran-saran yang bisa menjadi bahan evaluasi Pemkab Sinjai dalam upaya lebih meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat,” harapnya.

Adapun empat OPD yang menjadi lokus studi lapangan PKA Kemendagri Regional Makassar, diantaranya Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Parawisata dan Kebudayan (Disparbud) dan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Sinjai.

Turut hadir Asisten Administrasi Umum Setdakab Haerani Dahlan, Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumberdaya Manusia dan Aparatur (BKPSDMA) Lukman Mannan, Kadis Kesehatan Emmy Kartahara Malik, Kadis PMPTSP Lukman Dahlan, Kadis PKH Burhanuddin serta Kadisparbud Yuhadi Samad.

Penulis: Ashari

Baca Juga