Berkompetisi Dari Rumah, Inilah Kesulitan Peserta AKSI Indosiar

Jakarta, Akuratnews.com - Ajang kompetisi dakwah Akademi Sahur Indonesia (AKSI) Indosiar tahun ini digelar dengan konsep yang berbeda.

Adanya pandemi virus Corona membuat ajang rutin ditiap bulan Ramadhan ini harus mengubah konsepnya. Di tahun ini, para peserta tampil dari rumah masing-masing dan dinilai oleh ustadz komentator yang ada di studio.

Ustadz Subki bersama Ustadz Solmed dan Ustadz Taufiq didaulat sebagai komentator ajang kompetisi dakwah yang kali ini memiliki tagline #BeraksiDirumahSaja.

Perbedaan konsep kali ini pun membuat peserta punya tingkat kesulitan tersendiri. Seperti diungkapkan Ustadz Subki, sulit untuk berdakwah jika tak ada audience yang merespon.

"Kalau juri sih sebenarnya nggak ada kesulitan, karena hadir (di studio). Cuma kita merasakan kesulitan peserta yang biasanya tablig ditemenin penoton, tapi sekarang sendiri," ujar Ustadz Subki dalam telekonfrensi pers, Selasa (28/4).

Diceritakannya, ada peserta yang ditemani guru dan kyainya penampilannya tak lepas dan malah jadi tegang.

"Banyak yang curhat ke saya, saya kasih tahu kalau untuk cair aja, anggap aja kayak tampil di panggung aksi. Untungnya yang tampil ini yang pernah jadi juara," ujar Subki.

Untuk cara penilaian peserta, Ustadz Solmed dan Taufiq membeberkan kriteria yang dilihat dalam kompetisi yang dilakukan dari jarak jauh seperti saat ini.

"Dari para peserta yang pernah menyampaikan dakwah di #BeraksiDiRumahSaja. Kami menilai dari segi argumentasi yang mereka bawakan, sekiranya dari Al Quran harus jelas dari surah apa, juz berapa, ayat berapa," ujar Ustadz Taufiq.

"Kan dakwah ini bagaimana seseorang ketika menyampaikan sesuatu kemudian masuk, baik ke fikiran maupun hati, jadi bagiaman si pendakwah ini yang dilihat bagaimana bisa masuk ke audience," lanjut Ustadz Solmed.

AKSI Indosiar tayang perdana pada Jumat, 24 April 2020 pukul 02.00 WIB secara live dipandu Ramzi, Abdel dan Lesti DA.

Akan ada 30 ustadz dan ustadzah yang merupakan alumnus AKSI musim 1 hingga 5 berkompetisi kembali dan akan disampaikan langsung dari rumah masing-masing.

Penulis: Rianz
Editor:Redaksi

Baca Juga