Bertemu Kadis PPO Manggarai, Emi Janggur : Tugas Mengajar Tetap Profesional Namun Ada yang Injak, Saya Lawan!

AKURATNEWS - Kisruh akun facebook Palsu Leni Nanas dengan Ibu Emi Janggur terus berlanjut. Akun Palsu Leni Nanas yang di duga kuat milik Paul Jeramun Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi (PROKOPIM) Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT), terus menyerang pribadi keluarga Emi dengan cuitan nada kasar.

Tidak tinggal diam, Emipun yang berprofesi guru SD ini, menyerang balik, hingga harus mengadu ke Polres Manggarai untuk minta Perlindungan hukum.

Melihat kekisruan ini yang tidak kunjung berakhir, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT), Fransiskus Gero, turun tangan. Sebagai pimpinannya, menyurati Emi untuk menghadap. Surat tertanggal 19 April 2022 itu, meminta Emi bertemu Kadis PPO Manggarai dalam urusan Kedinasan penting.

Tepat momentum Hari Kartini Kamis 21 April 2022, Ibu Emi dengan wajah penuh kelembutan dan berbaju motif songke Manggarai, menghadap Kadis PPO di ruangannya. Emi yang datang sendirian, di terima penuh keakraban oleh Kadis Frans bersama Sekretaris PPO, dan stafnya.

Dalam Pertemuan kali ini, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (PPO) Kabupaten Manggarai meminta semua pihak untuk membangun pendidikan di Manggarai dengan baik. Termasuk cara beretika dalam media sosial.

"Demi kemajuan pendidikan daerah ini, dan kemajuan kita bersama. Mohon hentikan postingan yang tidak penting di media sosial. Bukan hanya guru-guru saya termasuk siapa saja yang menggunakan akun palsu dengan menarasi pernyataan tidak penting" ungkapnya.

Namun Kadis Frans tidak menampik kalau Emi Janggur merupakan guru yang disiplin, terampil dan tepat waktu. Menurutnya Emi dalam tugasnya sebagai guru selalu bertangggungjawab.

"Saya tidak temukan kesalahan terkait tugasnya sebagai guru" ungkap Frans gero.

Ditanya soal mediasi Emi dan Pihak Paul Jeramun, Kadis Frans menjawab bukan kapasitasnya.

"Soal itu saya tidak punya kapasitas. Tapi tolong demi kepentingan pendidikan kita, mohon akhiri semua" tegasnya sambil senyum.

Senada yang disampaikan oleh koordinator pendidikan (KORDIK) kecamatan Langke Rembong, Fransiska Selasih. Menurutnya Emi Helni merupakan guru yang bertanggungjawab atas tugasnya.

"Ibu Emilia Helni ini cerdas, dia menjalankan tugas dengan baik dan patuh dengan tugasnya sebagai pendidik," tutur Kordik Fransiska.

Menanggapi pernyataan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (PPO) Kabupaten Manggarai, Emi Helmi Janggur saat diwawancarai mengungkapkan bahwa apa yang sampaikan Kepala Dinas PPO Kabupeten Manggarai itu Benar. Namun tidak bisa membendung sikap dirinya, jika saja Akun Palsu Atas nama Leni Nanas terus mencuit postingan keburukan tentang dirinya.

"Tentu saya beretika baik. Terima kasih masukan dan arahannya Pak Kadis. Sebagai guru saya tentu menjalankan sikap saya dengan profesional. Namun apabila akun palsu Leni Nanas menyerang privasi dan keluarga saya sepanjang itu saya akan tetap Lawan" tegas Emi.

Dia menambah, ada indikasi pembiaran dari Pemerintah Manggarai tentang keberadaan akun palsu. Lebih lanjut dirinya menjelaskan ada pembiaran agar saya dicaci maki terus.

"Saya masyarakat manggarai dan menjadi korban pembulian Akun Palsu. Karen itu Pemerintah mestinya ada himbauan tegas, sebagai langkah persuasif agar hentikan semua penggunaan akun facebook palsu apalagi memposting privasi orang. Itu baru berimbang. Walaupun kewenangan mengetahui akun palsu itu adalah pihak kepolisian" jelasnya.

Emipun dengan taat asas, menyerahkan sepenuhnya persoalan ini ke ranah hukum. Karena menurutnya, jalan hukum jalan yang tepat.

"Saya suda lapor akun Facebook Palsu Leni Nanas itu. Dan Polisi suda bekerja dengan baik. Kita tunggu saja" jelas Emi.

Diketahui kisruh antara Emi Janggur dengan Akun Palsu Leni Nanas yang diduga milik Paulus Jeramun berawal dari postingan Bu Emi kritisi kerjasama Pemerintah Kabupaten Manggarai dengan Pemerintah Manokwari Selatan.

"Saya hanya mempertanyakan soal wacana pengangkatan langsung guru yang dikirim Ke Manokwari Selatan tapi kok saya dibalas Caci Maki" Pungkas Emi.

Penulis: Aristo Waku
Editor: Ahmad Ahyar

Baca Juga