Idul Adha 1440 Hijriah Di Mesjid Agung Medan

Besek Bambu Jadi Wadah Daging Qurban

Tumpukan besek bambu sebagai pengganti kantong plastik yang digunakan sebagai wadah daging qurban pada pelaksanaan Idul Adha 1440 Hijriah di Mesjid Agung Medan, Minggu (11/8/2019)

Medan, Akuratnews.com - Pelaksanaan hari raya Idul Adha 1440 Hijriah di Mesjid Agung Medan tahun ini berbeda dengan sebelumnya. Untuk wadah daging qurban sebelumnya selalu menggunakan kantong plastik, namun kali ini wadah daging tersebut menggunakan wadah besek bambu hasil kerajinan rakyat .

Mahmuzar Nasution Ketua Panitia Qurban Mesjid Agung Medan mengatakan Idul Adha kali ini mesjid Agung menyembelih hewan qurban sebanyak 41 lembu dan 14 kambing.

“Selesai shalat kita melaksanakan pemotongan qurban 41 lembu dan 14 kambing” ujar Mahmuzar di mesjid Agung Jalan Diponegoro Medan, Minggu (11/8/2019).

Adapun hewan qurban tahun ini, Mahmuzar mengatakan, sebanyak 17 ekor lembu berasal dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) sedangkan sisanya dari pengurus BKM Mesjid Agung Medan dan masyarakat.

Disebutkannya, ada penambahan hewan qurban dibandingkan tahun lalu, tahun ini ada 38 ekor lembu dan 10 kambing. Selain itu sesuai instruksi Gubernur Edy Rahmayadi agar kita tidak pakai plastik lagi dan menggnakan besek bambu sehingga besek bambu akhirnya dipesan yang dibiayai oleh Pemprov Sumut.

Sedangkan untuk pembagian daging qurban Mesjid Agung Medan dikatakannya telah mempunyai methode database untuk penerima daging hewan qurban. Kupon daging qurban yang disalurkan kepada masyarakat yang berhak menerimanya sebanyak 4500 sampai 5000 kupon.

Selain menggunakan besek bambu sebagai wadah daging qurban, Idul Adha 1440 Hijriah di Mesjid Agung Medan kali ini dirasa spesial karena keberadaan lembu qurban super dari Pak Jokowi dan Pak Edy Rahmayadi masing-masing dengan berat berkisar 1 ton lebih.

Baca Juga