OPINI

Bias Gender Pada Perempuan

Bias Gender Pada Perempuan - Opini
Bias Gender Pada Perempuan - Opini

AKURATNEWS - Bias gender adalah salah satu topik yang sering dibahas oleh berbagai kalangan hingga saat ini karena bias gender diyakini akan menimbulkan perbedaan kesempatan, perbedaan perlakuan dan perbedaan peran dan diskriminasi yang dialami oleh gender tertentu karena stereotip yang menganggap gender yang satu lebih baik daripada gender lainnya.

Bias gender atau bisa dikatakan sebagai suatu pandangan yang lebih mengutamakan salah satu jenis kelamin daripada jenis kelamin lainnya.

Menurut Fikih (1998), bias gender adalah suatu sistem dan struktur yang menempatkan laki-laki maupun perempuan sebagai korban dari sistem tersebut.

Mosse (1996) dan Irohmi (1990), mengatakan bahwa bias gender terutama dialami perempuan. Hal tersebut dapat dijelaskan dalam teori Nurture, yang mengatakan bahwa perbedaan antara perempuan dan laki-laki muncul sebagai hasil konstruksi sosial budaya yang menghasilkan peran dan tugas yang berbeda.

Perbedaan itu membuat perempuan selalu tertinggal juga terabaikan soal peran dan kontribusinya dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara (Sasongko 2009).

Fenomena feminisme dan maskulinitas yang ada di Indonesia ini menjadi faktor yang  menyebabkan bias gender tersebut.

Laki laki yang selalu dianggap kuat, rasional dan tegas sementara perempuan dianggap lemah, emosional, keibuan, afektif dan irasional sehingga perempuan diragukan kemampuannya untuk melakukan pekerjaan.

Dalam Hal ini pihak perempuan seringkali menjadi korban karena adanya bias gender dengan dapat dilihat dari keadaan saat ini, yang pada umumnya masyarakat sosial lebih mengunggulkan laki-laki dibanding perempuan.

Seperti yang sering kita temui dalam dunia kerja atau bahkan sehari-hari, dimana perempuan selalu dipandang sebagai seseorang yang tidak mampu menjadi pemimpin atau berada di posisi tinggi.

Stigma yang menganggap perempuan sebagai makhluk yang lemah secara fisik maupun logika. Pemikiran yang masih konservatif pada masyarakat sehingga pemikiran yang berkembang adalah perempuan selalu dibawah laki-laki dalam kondisi apapun, tanpa melihat potensi dan kemampuan yang sebenarnya dimiliki oleh perempuan.

Bias gender ini akan terjadi apabila salah satu pihak merasa dirugikan, sehingga korban akan merasakan ketidakadilan.

Ketidakadilan disini adalah ketika salah satu jenis gender memiliki keadaan, posisi, dan kedudukan yang lebih baik dari pihak lainnya.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis: Riza Saphira
Editor: Ahyar

Baca Juga