Biaya Tinggi, Seberapa Besar Peluang Keberhasilan Bayi Tabung?

AKURATNEWS - Program bayi tabung menjadi salah satu pilihan pasangan suami istri untuk mendapatkan momongan.

Hanya saja, tak semua pasangan bisa melakukannya karena biayanya yang sangat mahal dari puluhan hingga ratusan juta.

Banyak sekali selebriti yang memilih metode bayi tabung, salah satunya Tya Ariestya. Perempuan 35 tahun ini melakukan program bayi tabung pada ketiga anaknya.

Selama proses program bayi tabung ini, Tya Ariestya mengeluarkan biaya Rp80 sampai Rp120 juta. Jumlah yang sangat fantastis untuk mendapatkan momongan.

Proses bayi tabung sendiri dilakukan dengan menyatukan sperma dan sel telur di dalam sebuah tabung (cawan petri) hingga tumbuh menjadi embrio. Nantinya, embrio tersebut akan dipindahkan ke dalam rahim calon ibu agar dapat berkembang di sana hingga siap lahir.

Lantas, biaya yang tinggi ini apakah menjamin peluang keberhasilan metode bayi tabung?

Bicara soal peluang keberhasilan bayi tabung, tingkat keberhasilan bayi tabung bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor. Bisa dari riwayat reproduksi, usia calon ibu, penyebab infertilitas dan gaya hidup yang sehat..

Faktor embrio yang gagal menempel pada dinding rahim pun dapat menyebabkan kegagalan implantasi. Biasanya dokter akan memasukkan beberapa embrio yang paling berpotensi memiliki keberhasilan tinggi.

Kualitas sperma calon ayah juga memengaruhi tingkat keberhasilan metode ini. Sebaiknya kurangi gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok dan minum alkohol, menjaga berat badan juga penting untuk memiliki sperma yang berkualitas.

Dari sisi usia, perempuan berusia di bawa 35 tahun memiliki tingkat keberhasilan yang lebih tinggi, sekitar 41-43 persen. Sementara perempuan berusia di atas 40 tahun memiliki tingkat keberhasilan yang lebih rendah, sekitar 13-18 persen.

Pasangan yang melakukan program bayi tabung di usia lanjut memiliki risiko kegagalan lebih tinggi. Semakin muda usia, semakin tinggi peluang keberhasilan metode bayi tabung begitu pula sebaliknya.

Calon ibu dan ayah sebaiknya mengonsumsi makanan sehat dan memenuhi gizi tubuh. Kebutuhan vitamin D juga harus terpenuhi untuk menjaga kesehatan indung telur. Vitamin D bisa didapatkan dari ikan-ikanan seperti ikan salmon, sarden dan ikan tuna.

Faktor lain yang memengaruhi tingkat keberhasilan bayi tabung adalah teknologi medis dan teknik yang digunakan. Kemajuan teknologi medis akan membuat pengerjaan sel telur dan sperma lebih optimal serta pembuahan sel telur pun maksimal.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga