oleh

Bisa Dongkrak Elektabilitas, Suara Santri Jadi Rebutan

Jakarta, Akuratnews.com – Pengamat Politik Pangi Syarwi Chaniago mengatakan dalam setiap hajatan Pemilu, suara kalangan santri selalu menjadi rebutan. Mulai dari kontestasi tingkat lokal sampai pada level nasional.

Hal tersebut menurutnya wajar karena ceruk segmen suara santri cukup besar dan bisa mendongkrak elektabilitas. “Para politisi sangat paham akan keberadaan kaum santri yang secara proporsi sangat besar dan akan sangat mempengaruhi peta politik,” ujar Pangi dalam keterangan tertulis yang diterima, Senin (22/10/2018).

Ia menuturkan dukungan dari segmen ini memberi kontribusi yang sangat besar dan nyata terhadap tingkat keterpilihan dalam setiap hajatan konstestasi elektoral. Secara kultural, para santri dianggap sangat manut, taat dan patuh pada “titah” kiyai.

“(Kiyai) mereka anggap sebagai pemimpin dan guru mereka. Dengan demikian, suara santri ada di tangan kiyai,” tukas dia.

Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting ini melanjutkan, ketaatan para santri menjadikan pola kepemimpinan dalam pesantren menjadi paternalistik. Yakni di mana pengaruh kepemimpinan oleh kiyai mempunyai legitimasi dan penerimaan yang sangat kuat.

Untuk itu, kata Pangi, politisi harus melakukan pendekatan yang intens pada para kiyai sebagai pemegang otoritas di wilayah pesantren jika ingin mendapat dukungan politik dari kalangan santri.

“Namun para politisi saat ini harus memutar otak dan harus lebih sensitif, karena para kiyai juga sudah sangat berpangalaman serta lihai dalam menghadapi situasi politik yang menempatkan mereka dalam pusaran perebutan dukungan,” pungkas Pangi. (Ysf)

Komentar

News Feed