BNN Musnahkan 114 Kg Shabu dan Puluhan Ribu Ekstasi

Kepala BNN Heru Winarko dan Deputi Pemberantasan BNN Arman Depari saat akan melakukan pemusnahan barang bukti narkotika, gedung BNN, Cawang, Jakarta Timur, Kamis (27/9/2018). Foto: Rahmi/Akuratnews.com
Kepala BNN Heru Winarko dan Deputi Pemberantasan BNN Arman Depari saat akan melakukan pemusnahan barang bukti narkotika, gedung BNN, Cawang, Jakarta Timur, Kamis (27/9/2018). Foto: Rahmi/Akuratnews.com

Jakarta, Akuratnews.com - Badan Narkotika Nasional (BNN) lakukan pemusnahan barang bukti narkotika untuk yang ke-11 kalinya. Kegiatan ini dilaksanakan di Lapangan Parkir Gedung BNN, Cawang, Jakarta Timur, Kamis (27/9/2018).

"Narkotika yang dimusnahkan berupa shabu seberat 114,74 Kg, ekstasi sebanyak 59.895 butir dan AMB FUBINACA seberat 494,6 gram. Keseluruhan barang bukti ini berasal dari lima kasus berbeda," ujar Heru Winarko selaku kepala BNN dalam kegiatan tersebut.

Kelima kasus itu diantaranya, pertama, pada tanggal 4 Agustus 2018. BNN berhasil menangkap empat tersangka (JM, S, RS, dan DP) dengan barang bukti 30 bungkus shabu seberat 31,45 kg di Rokan Hilir, Prov. Riau.

Kedua, kasus 30 ribu butir ekstasi di Dumai, Prov. Riau pada tanggal 18 Agustus 2018. Keempat tersangka tersebut diantaranya AA, KA, TD, dan Z.

Kemudian sehari setelah penangkapan di Dumai, pada tanggal 19 Agustus 2018, BNN kembali meringkus dua tersangka (Y dan B) di kawasan Entikong, Kalimantan Barat dengan barang bukti 10 kg shabu.

Untuk kasus keempat lanjut Heru, adalah penemuan shabu seberat 73,5 kg dan 30 ribu butir pil ekstasi milik anggota DPRD Kabupaten Langkat pada tanggal 19 Agustus 2018.

"Petugas berhasil menangkap tiga orang tersangka masing-masing atas nama IB alias Ibrahim Hongkong (anggota DPRD Kab. Langkat) sebagai pemilik barang, I alias Jampok sebagai kurir darat, RN alias Naldi sebagai pemilik kapal koordinator ABK," ungkap Heru.

Barang bukti lainnya yaitu paket kiriman dari Tiongkok yang dialamatkan ke sebuah alamat di Tanjung Barat, Jakarta Selatan pada tanggal 3 Agustus 2017 lalu. Dari hasil pemeriksaan diketahui paket tersebut berisi narkotika golongan I jenis AMB FUBINACA seberat 499,6 gram.

Heru menadaskan, dari pemusnahan barang bukti narkotika tersebut, BNN telah menyelamatkan banyak orang dari ancaman narkoba.

"BNN menyelematkan lebih dari 634 ribu anak bangsa dari penyalahgunaan narkoba" tukasnya. (Rhm)

Penulis:

Baca Juga