Bocoran Spesifikasi Samsung Galaxy S20 Series

Galaxy S20 Series
Galaxy S20 Series

Jakarta, Akuratnews.com - Tinggal hitungan hari, Galaxy S20 Series akan meluncur. Perusahaan asal Korea Selatan ini sebelumnya sudah mulai membuka reservasi preorder untuk perangkat ini. Tidak hanya itu, tidak terhitung ada berapa banyak bocoran spesifikasi yang muncul seiring berjalannya waktu.

Beberapa waktu lalu, detail mengenai spesifikasi Samsung Galaxy S20 series yang diklaim lengkap ini muncul di dunia maya. Sayangnya bocoran ini sendiri hanya mengungkap versi yang menggunakan chipset Exynos. Sebagaimana diketahui, sesuai tradisi Samsung, biasanya perusahaan ini juga memberikan versi dengan prosesor buatan Qualcomm. Hal ini tertera dalam bocoran Geekbench yang muncul beberapa waktu lalu.

Mari kita coba simak spesifikasi yang dimiliki Samsung Galaxy S20 Series ini satu per satu.

Samsung Galaxy S20

Setiap model yang ditawarkan Samsung hadir dengan dimensi layar yang berbeda. Di Galaxy S20, Samsung kabarnya akan memberikan layar berukuran 6,2 inci dengan panel AMOLED. Yang menarik, kali ini Samsung juga memberikan dukungan refresh rate 120Hz di layar perangkat terbarunya.

Jargon Infinity-O menunjukkan bahwa layar ini juga akan dibekali dengan kamera berkonsep punch hole. Kabarnya, versi ini akan hadir dengan kamera depan 10MP yang mampu merekam video dengan kualitas hingga 4K pada 60fps.

Sementara di bagian belakang, ada tiga kamera meliputi sensor 12MP sebagai kamera utama, 64MP telefoto dan 12MP ultra-wide. Modul telefoto-nya dilaporkan menawarkan 3x perbesaran optik dan perbesaran digital hingga 30x. Modul kamera belakang ini kabarnya mampu merekam hingga kualitas 8K pada 30fps.

Sementara itu, dengan dukungan RAM 12GB, Samsung kabarnya akan memberikan ruang penyimpanan internal sebesar 128GB. Kapasitasnya bahkan dapat ditambah hingga 1TB menggunakan microSD.

Dapur pacunya mengandalkan Exynos 9830 untuk pasar Eropa dan kemungkinan sebagian Asia. Sementara versi lainnya akan menggunakan Snapdragon 865 dan diperkirakan akan disediakan untuk pasar Korea Selatan dan Amerika Serikat (AS).

Samsung Galaxy S20 akan menjalankan Android 10 berbasis One UI 2.0, yang dilengkapi juga dengan dukungan baterai 4000mAh dan fitur tahan air IP68.

Samsung Galaxy S20 Plus

Ada beberapa penambahan yang membedakan Galaxy S20 Plus dengan Galaxy S20, terutama di sektor layar dan kamera.

Galaxy S20 Plus hadir dengan bentang layar sedikit lebih besar, yakni 6,7 inci. Panel dan dukungan refresh rate masih sama seperti yang diberikan Samsung di Galaxy S20. Pembeda lain ada di sektor kamera.

Jika dibandingkan dengan Galaxy S20, versi ini diberi tambahan satu sensor, yakn 3D ToF. Sementara konfigurasi kamera lainnya, baik di depan dan di belakang masih sama seperti yang dimiliki Samsung Galaxy S20.

Kapasitas baterai yang dihadirkan di perangkat ini juga sedikit lebih besar, yakni 4500 mAh. Tampaknya fitur-fitur lain masih sama seperti yang dimiliki oleh Samsung Galaxy S20, termasuk IP68 hingga antarmuka One UI 2.

Samsung Galaxy S20 Ultra

Ada beberapa pembeda yang cukup jelas untuk melihat perbedaan seri ini dengan dua seri Galaxy S20 lainnya. Versi ini hadir dengan ukuran layar yang paling besar, yakni 6,9 inci namun tetap memiliki fitur yang sama seperti dua varian lainnya.

Nah, di versi ini Samsung tampaknya akan memberikan opsi ruang penyimpanan sebesar 512GB, ketimbang 128GB. Kapasitas baterai juga ditingkatkan menjadi 5000mAh. Demikian juga dengan sistem kameranya.

Di Galaxy S20 Ultra, sensor kamera utama akan menggunakan sensor 108MP yang akan ditemani oleh 48MP telefoto, 12MP ultrawide dan 3D ToF. Di versi ini Samsung menggunakan konsep lensa periskop yang membuatnya mampu menawarkan perbesaran optik sebanyak 10x dan perbesaran digital yang diklaim dapat sampai 100x. Kamera depanya sendiri akan menawarkan sensor beresplusi 40MP.

Ketiga perangkat ini dipastikan akan meluncur pada 11 Februari mendatang dalam sebuah acara bernama Galaxy Unpacked. Kabarnya bersamaan dengan itu juga, perusahaan asal Korea Selatan ini juga akan mengungkap smartphone lipat keduanya, yakni Samsung Galaxy Z Flip.

Penulis: Redaksi

Baca Juga