Sang Adik Kim Yo-jong Digadang Jadi Pengganti

Bos TV Hong Kong Sebut Kim Jong-un Sudah Tutup Usia

Hong Kong, Akuratnews.com - Kabar mengejutkan terkait pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong-un datang dari Hong Kong.

Seorang wakil bos televisi Hong Kong mengatakan 'sumber yang sangat kuat' memberitahukqn dirinya bahwa penguasa rezim Pyongyang itu sudah tutup usia.

Adalah Shijian Xingzou, Wakil Direktur Televisi Satelit Hong Kong (HKSTV), melalui akun Weibo-nya membagikan kabar tersebut pada Jumat (24/4).

Shijian sendiri merupakan keponakan Menteri Luar Negeri China dan memiliki 15 juta follower di akun Weibo-nya.

Postinganya di Weibo ini sudah viral di media sosial beserta foto yang diklaim sebagai foto jenazah Kim Jong-un terbaring di dalam peti mati kaca.

Klaim-klaim ini sendrii memang belum bisa diverifikasi secara independen. Namun, waktu ketika klaim-klaim itu muncul hampir bersamaan dengan langkah China yang mengirim tim medis ke Korut, yang menguatkan dugaan ada yang bermasalah dengan kondisi pemimpin rezim Komunis Korea tersebut.

Reuters melaporkan bahwa China telah mengirim tim ke Korea Utara, termasuk para ahli medis, untuk memberi nasihat tentang kondisi Kim Jong-un. Laporan Reuters mengutip tiga sumber yang mengetahui situasi tersebut.

KCNA atau pun media pemerintah Korut lainnya pun belum juga memverifikasi apakah Kim Jong-un masih hidup atau sudah meninggal.

Ketika kabar bahwa kesehatan Kim Jong-un memburuk, KCNA pun tidak mempublikasikan foto-foto pemimpin Korut mengawasi suatu kegiatan, seperti yang biasa dipublikasikan sebelumnya. Biasanya media itu mempublikasikan kegiatan sang diktator muda mengawasi uji coba senjata.

Absennya Kim Jong-un pada ulang tahun mendiang pendiri Korut; Kim Il-sung, pada 15 April lalu juga memicu spekulasi di media internasional bahwa kondisi kesehatan Kim Jong-un sedang memburuk.

Di tengah kabar memburuknya kesehatan Kim Jong-un setelah menjalani operasi, memicu spekulasi soal siapa yang akan menggantikan pemimpin rezim komunis Korut ini karena dia menunjuk penerus atau pewaris kekuasaan.

Suksesi kekuasaan secara tradisional dijalani para pewaris laki-laki. Sayangnya, Kim Jong-un yang saat ini berusia 36 tahun tidak memiliki anak laki-laki dewasa. Pada akhirnya, kakak laki-laki dan adik perempuannya menjadi pilihan paling jelas untuk menggantikannya.

Dari dua pilihan itu, adik perempuan Kim Jong-un, Kim Yo-jong, ramai disebut sebagai calon suksesor terkuat. Wanita 31 tahun ini adalah anggota senior Partai Buruh Korea yang berkuasa di negara tersebut. Menurut laporan investigasi National Interest tahun 2019, wanita yang dikenal 'judes' ini adalah wanita paling kuat di Korut.

Kim Yo-jong telah menjabat sebagai kepala staf dan jadi pemimpin dari orang kepercayaan sang kakak. Dia telah menjaga citranya yang kuat dalam perannya sebagai direktur departemen propaganda Korea Utara.

Namun politik Korut yang bersifat patriarkal membuat kemungkinan seorang wanita akan menjadi pemimpin kecil, betapapun kuatnya dia.

Karakter Kim Yo-jong mirip dengan sang kakak. Dia pernah melontarkan kecaman keras dan kasar terhadap Korea Selatan ketika uji tembak rudal-rudal balistik Korea Utara dikritik Seoul karena berlangsung saat pandemi virus Corona pada awal Maret lalu.

Kim Yo-jong juga pernah dijatuhi sanksi oleh Amerika Serikat. Jabatannya sebagai kepala departemen propaganda Korut membuatnya dianggap Washington terlibat dalam pelanggaran hak asasi manusia (HAM) terhadap rakyat di negara komunis tersebut. Washington menuduh Kim Yo-jong melakukan sensor ketat di negaranya.

Sebenarnya masih ada kakak Kim Jong-un yakni Kim Jong-chol yang bisa menggantikan Kim Jong-un. Namun, menurut The Independent, Kim Jong-chol kerap menghindari sorotan dan pernah digambarkan sebagai sosok yang terlalu kekanak-kanakan untuk memimpin.

Pria yang suka bermain gitar ini terakhir terlihat di depan publik saat konser Eric Clapton di London pada 2015.

Penulis: Rianz
Editor:Redaksi

Baca Juga