BSSN Gelar Kampanye Literasi Keamanan Siber

Jakarta, Akuratnews.com - Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menggelar puncak Kampanye Literasi Keamanan Siber (KLiKS) Festival, yang berlangsung di One Belpark Mall, Jakarta, Sabtu (9/11).

Acara ini merupakan rangkaian KLiKS BSSN secara nasional yang sebelumnya telah diselenggarakan di beberapa kota di Indonesia seperti Makasar, Denpasar, Surabaya, Aceh, Medan, Bandung, Manado serta kota-kota lainnya.

"KLiKS Fest 2019 mengangkat tema Cyber Security For A Safer Nation. KLiKS Fest 2019 merupakan puncak acara dalam rangkaian roadshow yang dimaksudkan untuk literasi masyarakat," ungkap Direktur Proteksi Ekonomi Digital BSSN Anton Setiyawan.

"Misalnya terkait dengan mengamankan data pribadi, meningkatkan cybersecurity awareness karena data pribadi itu penting dimana potensi ancaman siber yang semakin tinggi," lanjut Anton.

Adapun beberapa narasumber yang memberikan materi KLiKS Fest 2019 selain Anton Setiyawan adalah Kepala Pusat Studi Forensik Digital Teknik Informatika UI Yudi Prayudi,Ketua Program Studi Teknik Komputer Sekolah Vokasi IPB Shelvie Nidya Neyman.

Tema yang diusung diantaranya 'Berselancar Aman di Internet, Strong Password, Cyberbullying, Etika Posting di Media Social, Hoaks, Social Engineering Attack hingga Bahaya Menggunakan Wifi Publik dengan durasi maksimal 90 detik'.

KLiKS Fest 2019 juga menampilkan booth startup asli milik anak Indonesia antara lain Nodeflux, Cubroid, Effion Creator School dan Educa Studio, dimana startup tersebut turut serta dalam memberikan literasi ke masyarakat terkait perkembangan digitalisasi di Indonesia.

Anton pun menekankan mengapa literasi yang dilakukan pihaknya sasaran utamanya ditujukan kepada anak muda, karena menurutnya mereka harus faham karena berkaitan dengan ekonomi digital.

"kenapa literasi keanak muda karena mereka adalah masa depan bangsa, kalau mereka tidak fahami dengan baik akan berbahaya karena berkaitan dengan ekonomi digital, oleh sebab itu kita berusaha agar mereka aman menggunakannya dan mendapat manfaat positif dari teknologi tersebut" seru Anton.

Penulis: Maria Machdalena
Editor:Redaksi

Baca Juga