Kualifikasi Piala Dunia 2022

Bukan Sekadar Hasil, Indonesia vs Malaysia Juga Soal Kebanggaan Negara

Jakarta, Akuratnews.com - Besok, laga antara Indonesia versus Malaysia dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022 punya aura khusus lantaran inilah laga pertama di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada level timnas senior dalam sembilan tahun terakhir.

Untuk diketahui, dalam beberapa tahun terakhir, Indonesia dan Malaysia jarang bertemu di ajang resmi. Kedua tim terakhir kali terlibat duel di SUGBK pada final Piala AFF 2010.

"Saya berharap pertandingan besok menjadi pertandingan yang sesungguhnya, karena besok bukan cuma soal memperebutkan poin, siapa menang, siapa kalah, tetapi lebih dari itu," ujar pelatih Timnas senior, Simon McMenemy di konferensi pers jelang laga di SUGBK, Rabu (4/9).

McMenemy pun menyinggung sejarah rivalitas antara Indonesia dan Malaysia. Menurutnya, persaingan ketat ini membuatnya punya pekerjaan tambahan.

Ia mengaku tak cuma mengasah para pemainnya dari segi teknik dan taktik, tetapi juga mental pemain yang harus dipersiapkan dalam laga melawan Malaysia ini.

"Kebanggaaan negara juga yang dipertaruhkan," ujar pelatih asal Skotlandia ini.

McMenemy pun berharap SUGBK bisa dipenuhi suporter Indonesia dalam laga besok. Dukungan suporter sangat penting untuk memberikan dorongan semangat ke pemain.

"Saya harap stadion penuh, saya harap stadion bisa ribut, saya harap stadion bisa memberikan kekuatan tambahan bagi pemain. Mudah-mudahan kami bisa menang," ucap McMenemy.

Pertandingan Indonesia vs Malaysia akan dimulai sekitar pukul 19.30 WIB dan akan disiarkan langsung oleh Mola TV dan TVRI.

Setelah melawan Malaysia, Indonesia akan menghadapi Thailand pada Selasa (10/9). Pertandingan melawan Thailand juga di SUGBK.

Di Grup G, selain dengan Malaysia dan Thailand, Indonesia juga akan menghadapi Vietnam dan Uni Emirat Arab.

Penulis: Rianz
Editor:Ahmad Ahyar

Baca Juga