Bukti Ringankan Beban Warganya, Pemkab Sinjai Gratiskan Seragam Sekolah

Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) menyerahkan seragam dan perlengkapan sekolah gratis kepada siswa siswi SMP tahun ajaran 2019 di Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan. /Ashari/AKURATNEWS.

AKURATNEWS - Pemerintah Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan kembali menyediakan seragam sekolah gratis bagi peserta didik baru.

Meski dalam kondisi pandemi Covid-19 dan refocusing anggaran, Pemkab Sinjai tetap menunaikan program unggulannya di bidang pendidikan, yang telah berjalan dalam tiga tahun terakhir.

Pemberian seragam sekolah gratis beserta perlengkapan sekolah lainnya ini, ditujukan kepada peserta didik baru tingkat SD, dan SMP yang berstatus negeri maupun swasta.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai, Andi Jefrianto Asapa mengatakan, sejak tahun 2019, program tersebut telah berjalan dan mengalami peningkatan anggaran setiap tahun.

"Ini bukti keseriusan Pemkab Sinjai dalam melaksanakan salah satu program prioritas di bidang pendidikan. Dana yang digelontorkan berasal dari APBD," ungkapnya.

Andi Jefrianto menjelaskan, anggaran yang dialokasikan untuk program ini pada tahun 2019 berkisar Rp 2,4 miliar untuk 6.737 siswa baru baik tingkat SD maupun sekolah SMP.

Mengalami peningkatan menjadi Rp2,6 milyar untuk jumlah siswa yang menghampiri 7 ribuan siswa pada tahun 2020.

"Tahun lalu itu ada peningkatan jumlah siswa baru yang menghampiri angka tujuh ribuan, sehingga kami tambah anggarannya sebesar Rp200 juta menjadi 2,6 milyar," katanya.

Sementara untuk tahun 2021, sambung Andi Jefrianto, kembali mengalami peningkatan menjadi Rp2,8 milyar, sebab Pemkab Sinjai juga menyiapkan untuk sekolah swasta yang ada dibawah naungan Dinas Pendidikan Sinjai.

"Berdasarkan petunjuk dari Bapak Bupati, tahun ini kita berikan juga seragam sekolah gratis untuk 6 sekolah swasta di Sinjai, sehingga anggarannya pun kita tambah. Jumlah totalnya ada 6.621 paket seragam sekolah. Semua sudah kita distribusikan," terang mantan Kantor Kesbangpol Sinjai ini.

Ia menyebut bahwa prorgram tersebut akan terus berlanjut dimasa-masa yang akan datang. Bahkan Andi Jefrianto akan mengusulkan kepada bupati agar tahun depan program menyasar bagi para murid TK/PAUD yang ada di Sinjai.

"Untuk pengadaannya, Pemkab melibatkan UKM lokal Sinjai. Ada 21 penjahit lokal dengan kemampuan mereka menyiapkan tiga ribu pasang seragam sekolah, sedangkan sisanya dilakukan oleh pihak penyedia," tutupnya.

Terpisah, Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) mengatakan, program tersebut merupakan program unggulan di bidang pendidikan yang bertujuan untuk memotivasi para peserta didik baru. Selain itu, menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan berdaya saing.

“Program ini diharapkan meningkatkan minat anak sekolah dan meringankan beban orang tua murid dan siswa, terkhusus siswa yang baru masuk sekolah di tingkat SD dan SMP,” harapnya.

Penulis: Ashari

Baca Juga