BUMN Katalisator Asing?

Jakarta, Akuratnews.com - Direktur Eksekutif Global Future Institute (GFI) Hendrajit menuturkan dunia tengah mengalami pergeseran kekuatan ekonomi dari yang tadinya terpusat di Amerika Serikat (AS) dan Eropa ke Cina. Dalam hal ini, ia melihat Badan Usaha Milik Negara (BUMN) adalah subjek negara yang tengah menjadi alat kepentingan.

BUMN yang seharusnya jadi subjek ekonomi politik justru menurut Hendrajit sekarang menjadi sasaran empuk hegemoni dari dominasi asing. Bahkan, oknum yang terdapat di dalamnya disebut memberi ruang masuk bagi kekuatan asing tersebut.

"Para elit-elit lokal di dalamnya bukan sekedar pintu masuk, tapi katalisator," ujar Hendrajit dalam diskusi bertajuk 'Peluang dan Tantangan BUMN Hadapi Krisis Global' di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (25/9/2018).

Dirinya mengatakan BUMN dengan penuh kesadaran memberi jalan untuk pihak asing yang ragu-ragu masuk. Ia juga menilai yang dibangun Pemerintahan saat ini adalah sistem "siluman" dan tidak banyak menolong.

"Karena sistem siluman yang terbangun sekarang ini antara Ibu Rini (Meneg BUMN) sebagai east wing dengan Pak Luhut (Menko Maritim) sebagai west wing," ucapnya.

"Yang kita hadapi Pak jokowi bukan sebagai pion tapi papan catur dari medan proxy antara blok timur dan blok barat," pungkas Hendrajit. (Ysf)

Penulis:

Baca Juga