Bupati ASA Buka Training Bagi Khatib dan Imam Sinjai

Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) membuka pelatihan khatib dan imam di Gedung Pertemuan Sinjai, Sulawesi Selatan. /Ashari/AKURATNEWS.

AKURATNEWS - Sebanyak 40 orang peserta dari berbagai Kecamatan yang ada di Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan mengikuti training atau pelatihan khatib dan imam di Gedung Pertemuan, Jalan Persatuan Raya, Kecamatan Sinjai Utara, Minggu (20/6/2021).

Training yang diselenggarakan Ma'had Al-Birr Unismuh Makassar perwakilan Yayasan Asia Muslim Charity Foundation (AMCF) kerjasama Baznas Sinjai ini, resmi dibuka Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA).

Direktur AMCF, Lukman Samad mengatakan bahwa dalam pelaksanaan training, peserta dibekali dengan berbagai keterampilan atau skil terkait dengan dunia dakwah, sehingga wawasan dan pengetahuan yang didapatkan betul-betul bisa mencerahkan ummat, juga bisa menjadi mitra dengan pemerintah dalam membina masyarakat.

"Jadi tujuannya untuk memberikan wawasan keterampilan dan ilmu kepada para dai, supaya dalam melaksanakan tugas dan fungsinya di masyarakat, betul melakukan program dakwah itu secara terorganisir, sistematis melalui perencanaan yang baik, sehingga tujuan dakwah itu bisa tercapai," ujarnya.

Ketua Baznas Sinjai, Ahmad Muzakkir juga menuturkan bahwa kegiatan tersebut terselenggara dalam menjawab, sekaligus merespon keluhan dari kepala desa yang meminta bagaimana Baznas berperan untuk menghadirkan dai-dai yang kualitatif dalam memberikan pencerahan ditengah-tengah masyarakat.

"Mudah-mudahan kehadiran peserta yang satu orang per desa betul-betul bisa memberikan pencerahan di masyarakat. Apalagi, kami sudah komitmen dengan AMCF untuk melakukan pelatihan selanjutnya, sehingga 80 desa atau kelurahan di Sinjai bisa tercover," katanya, sembari berharap pelatihan tingkat desa bisa dilaksanakan ditingkat kecamatan.

Muzakkir lantas menyebut, training khatib dan imam sejalan dengan program pemerintah di bidang keagamaan.

"Baznas sebagai lembaga non struktural pemerintah dan harus mensupport pemerintah dalam menjalankan programnya, terutama di bidang keagamaan," jelasnya.

Sementara Bupati ASA menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Baznas Kabupaten Sinjai, yang tidak pernah berhenti berkreasi, berinovasi serta memberikan kontribusi terhadap Pemkab.

Pelatihan kata Bupati ASA, memang sangat dibutuhkan, sehingga para khatib dan imam kualitasnya semakin meningkat dalam memberikan pencerahan di masyarakat.

"Saya berharap kepada peserta pelatihan agar dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan baik, serta mengikuti seluruh rangkaian kegiatan secara seksama, sehingga memperoleh tambahan ilmu untuk bisa diterapkan di desa masing-masing," ujarnya.

"Pemkab bersama Baznas akan terus memberikan pembinaan kepada para imam yang ada di Kabupaten Sinjai," tambah Bupati ASA.

Penulis: Ashari

Baca Juga