Bupati ASA Temui Menteri SYL, Sinjai Bakal Terima Bantuan

Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikuktura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Sinjai, Kamaruddin memantau salah satu perkebunan di Sinjai, Sulawesi Selatan. /Ashari/AKURATNEWS

AKURATNEWS - Sebagai salah satu wilayah yang mempunyai areal pertanian yang cukup luas, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan menjadi salah satu daerah yang menerima bantuan pemerintah pusat dalam bidang pertanian.

Khusus tahun 2021 ini, daerah dengan julukan Bumi Panrita Kitta akan mendapat berbagai paket bantuan dari Kementerian Pertanian RI untuk peningkatan produktivitas dan mutu hasil tanaman.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikuktura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Sinjai, Kamaruddin menyampaikan, untuk bantuan program peningkatan produksi produktivitas dan mutu hasil tanaman dari dana tugas perbantuan tahun 2021 ini, Sinjai akan mendapatkan bantuan benih padi seluas 1.500 hektar, dan benih jagung 1.000 hektar.

Selain itu, untuk komoditi hortikultura, petani di Sinjai juga akan mendapatkan sejumlah bantuan dari Kementerian Pertanian RI, seperti bibit pohon durian seluas 60 hektar untuk kelompok tani di Kecamatan Tellulimpoe.

Selanjutnya, bibit buah manggis dengan luas 20 hektar yang diperuntukan petani di Kecamatan Sinjai Borong, cabe rawit 25 hektar untuk tiga Kecamatan di Sinjai.

"Untuk bantuan cabe rawit ini, rencananya kita akan berikan 10 hektar untuk petani kita di Kecamatan Sinjai Tengah, 10 hektar untuk petani di Kecamatan Bukupoddo, dan 5 hektar di Kecamatan Sinjai Borong," jelasnya, Selasa (15/6/2021).

Selain itu, bantuan bibit kentang seluas 10 hektar di Kecamatan Sinjai Barat, bawang merah 15 hektar, dan bawang putih 10 hektar untuk petani di Kecamatan Sinjai Barat.

"Jadi bantuan komoditi ini berdasarkan potensi lahan yang ada di wilayah masing-masing. Seperti bawang putih kita ujicoba kembangkan di Sinjai Barat," katanya.

Bantuan ini sejalan dengan program unggulan Pemkab Sinjai dalam bidang pertanian, khususnya pengembangan komoditi unggulan di setiap wilayah, sehingga para petani kesejahteraannya semakin meningkat.

Kamaruddin menambahkan bahwa berbagai bantuan yang akan disalurkan untuk para petani ini, tidak lepas dari peran Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) yang selalu menjalin komunikasi dengan kementerian terkait.

“Ini merupakan perjuangan pak Bupati, yang sebelumnya pernah berkunjung ke Kementerian Pertanian RI dan bertemu langsung Menteri Syahrul Yasin Limpo (SYL). Insya Allah bantuan ini nanti akan sangat bermanfaat untuk peningkatan mutu dan produksi pertanian kita,” pungkasnya.

Penulis: Ashari

Baca Juga