Bupati ASA Ukir Sejarah, Objek Wisata Sinjai Didatangi Menteri Sandiaga

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf RI), Sandiaga Salahuddin Uno didampingi Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) di obyek wisata 'Kampung Galung' Desa Barania, Kecamatan Sinjai Barat, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan. /Ashari/AKURATNEWS

AKURATNEWS - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf RI), Sandiaga Salahuddin Uno melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, Sabtu (19/6/2021).

Kunker Menparekraf RI Sandiaga Salahuddin Uno yang dipusatkan pada obyek wisata 'Kampung Galung' di Desa Barania, Kecamatan Sinjai Barat ini, dalam rangka pencanangan 'Desa Wisata' tingkat Kabupaten Sinjai.

Selain Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA), penyambutan Menparekraf turut diikuti Wakil Bupati Hj. Andi Kartini Ottong, Ketua DPRD Lukman H Arsal, Ketua TP PKK Hj. Andi Nurhilda Daramata Seto, para pejabat Forkopimda, dan pejabat lingkup Pemkab Sinjai.

Bupati ASA dalam sambutan selamat datangnya menyampaikan, ucapan rasa syukur, karena Menparekraf berkenan hadir langsung di Kabupaten Sinjai untuk mencanangkan 11 desa wisata.

"Ini menjadi sejarah kalau pak menteri datang ke Sinjai untuk melihat langsung potensi wisata kami," ucapnya.

Dihadapan Menparekraf, Bupati ASA menyampaikan bahwa sektor pariwisata merupakan salah satu sektor yang diprioritaskan di Kabupaten Sinjai. Sebab, potensi pariwisata yang dimiliki sangat besar, mulai dari wisata alam, budaya sejarah, kuliner maupun wisata buatan.

Kendati demikian kata Bupati ASA, masih terdapat kendala yang menjadi 'PR', diantaranya kurangnya pengetahuan masyarakat tentang pengelolaan desa wisata, serta sarana dan prasarana penunjang aktivitas perekraf di desa.

Hal ini tentu berdampak pada masih banyaknya pelaku ekonomi kreatif kurang mampu bersaing dengan daerah lainnya, sehingga Bupati ASA berharap agar kiranya Menparekraf beserta seluruh jajarannya dapat memberikan perhatian terhadap pengembangan desa wisata di Bumi Panrita Kitta (sebutan Sinjai).

"Besar harapan kami, kehadiran pak menteri hari ini membawa berkah dengan memberikan bantuan kepada desa wisata yang ada di Sinjai, baik bantuan fisik dan non fisik, sehingga kami mampu mengembangkan destinasi wisata dan ekraf di desa desa," harapnya.

Sementara Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, desa wisata diharapkan memotivasi terbentuknya desa-desa wisata baru, sehingga dapat mengembangkan ekonomi Desa.

Menurut Sandiaga Uno, tahun ini pihaknya mengadakan anugerah desa wisata Indonesia tahun 2021. Ajang digelar sebagai bentuk penghargaan untuk desa-desa wisata yang telah berusaha mengembangkan potensi desa wisata di daerahnya.

Salah satu kategori penilaian dalam ajang ini, kata Sandiaga Uno, adalah kategori daya tarik wisata dan kelestarian lingkungan.

"Kita harus pastikan bahwa dari segi produk-produk ekonomi kreatif, kuliner, fashion, dan kerajinan tangan kita dorong agar desa-desa di Kabupaten Sinjai bisa berkembang," jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Sandiaga Uno juga memastikan 11 desa wisata yang baru saja dicanangkan ini akan mendapat perhatian, sehingga bisa masuk ke level Nasional.

"Ini adalah sinyal kebangkitan. Kita mulai kebangkitan dari Sinjai. Saya akan tugaskan teman-teman di Kemenparekraf untuk berkoordinasi dengan pak bupati dan jajarannya. Kita pastikan 11 desa wisata yang ada di Kabupaten Sinjai bisa langsung masuk ke level nasional," ujarnya.

Penulis: Ashari

Baca Juga