Bupati Morut Serahkan BLT-DDS di Kecamatan Petasia Barat

Morowali, Akuratnews.com - Bupati Morowali Utara (Morut) menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa kepada keluarga miskin non PKH / Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang kehilangan mata pencaharian, belum terdata, mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun atau kronis di Balai desa Moleono, Onepute, Mondowe dan Togomulya Kecamatan Petasia Barat, pada Rabu, (06/5/2020).

BLT-DDS/BPNT diserahkan langsung Bupati Morut, Moh.Asrar Abd.Samad,SE bersama Kapolres Morowali Utara, AKBP. Bagus Setiawan, SiK yang didampingi jajaran Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Kegiatan tersebut, di hadiri perwakilan Kepala Desa se-Petasia Barat serta tamu undangan lainnya.

Menurut Bupati Morut, Moh.Asrar Abd.Samad, Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali Utara akan melakukan penyaluran secara keseluruhan kepada keluarga miskin di Kabupaten Morowali Utara yang memenuhi kriteria penerima BLT-DDS secara bertahap. Penyaluran BLT-DDS tahap I yang siap dicairkan pada saat ini yaitu kepada 467 kepala keluarga (KK) dari 4 desa di kecamatan Petasia Barat.

“Mulai dari desa Onepute 143 kk, desa Moleono 114 kk, desa Mondowe 134 kk, desa Tontowea 76 kk, dengan masing-masing KK akan menerima bantuan sebesar Rp.600.000,- (Enam Ratus Ribu Rupiah) per bulan, selama 3 (tiga) bulan yaitu bulan April, Mei dan Juni 2020,” ungkap Moh.Asrar Abd.Samad.

Sementara itu, untuk 6 desa lainnya yang belum menerima penyaluran BLT disebutkan oleh salah satu pejabat PMD lantaran persyaratan yang belum terpenuhi secara lengkap. Sehingga, semua aparatur pemerintah desa di seluruh wilayah kecamatan se-Morowali Utara, agar bekerja keras untuk sesegera mungkin menyelesaikan dokumen-dokumen pendukung dan pendataan kepada yang berhak menerima dengan tujuan agar BLT dapat di distribusikan secara cepat dan tepat waktu.

“Saya berharap agar BLT ini dapat membantu mengurangi beban masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 dan benar-benar dapat digunakan dengan baik. Setelah menerima bantuan tunai ini, warga dilarang masuk kota Kolonodale untuk transaksi jual beli oleh karna saat ini masih situasi pandemi covid-19,” terangnya.

Dalam kesempatan itu pula, Bupati Morut, Moh.Asrar Abd.Samad menghimbau kepada masyarakat untuk tetap dirumah, rajin cuci tangan pakai sabun, ikuti aturan protokol kesehatan, sebagai upaya bersama dalam memutus mata rantai penyebaran virus corona di Kabupaten Morowali Utara.

“Mari kita tetap berdoa, sabar dan tabah dalam menghadapi cobaan wabah virus corona. Dan kalau ada hal-hal tentang daftar penerima bantuan dan tekhnis penyalurannya silahkan menghubungi Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Morowali Utara,” tandasnya.

Penulis: Wardi Bania

Baca Juga