Bupati Muhdlor: Jadikan Peringatan HUT ke-76 RI Momentum untuk Bangkit!

Suasana upacara peringatan HUT ke-76 RI yang digelar di Alun-alun, Sidoarjo. Tampak: Ketua DPRD Sidoarjo, H. Usman (kiri) membacakan naskah proklamasi dan Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor (kanan) menyampaikan amanatnya.
Suasana upacara peringatan HUT ke-76 RI yang digelar di Alun-alun, Sidoarjo. Tampak: Ketua DPRD Sidoarjo, H. Usman (kiri) membacakan naskah proklamasi dan Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor (kanan) menyampaikan amanatnya.

AKURATNEWS - Nuansa kemeriahan memperingati hari ulang tahun ke-76 Republik Indonesia 2021 terasa sangat jauh berbeda. Karena, dua tahun ini Indonesia telah diliputi suasana pandemi Covid-19.

Kendati demikian, pandemi Covid-19 tak bakal mampu membunuh rasa nasionalisme dan patriotisme setiap jiwa bangsa Indonesia.

Hal itu disampaikan Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor dalam amanatnya selaku inspektur upacara pada peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia, bertempat di Alun-alun, Sidoarjo, Selasa (17/8/2021).

"Seperti kita ketahui, pandemi Covid-19 telah membawa dampak luar biasa bagi sendi-sendi kehidupan sosial ekonomi di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. (Maka itu), HUT ke-76 RI di tengah perjuangan keras menghadapi dampak pandemi ini hendaknya dapat dijadikan momentum untuk bangkit. Menyatu-padukan langkah dan mereposisi strategi serta memastikan seluruh rencana aksi Indonesia sehat, bekerja dan tumbuh sampai tataran masyarakat terbawah," sambungnya.

Kemudian, Bupati Muhdlor menjelaskan makna tema besar yang diusung pada HUT ke-76 RI, yakni 'Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh'.

"Tema ini representasi Pancasila sebagai pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara. Serta, sebagai simbol nilai-nilai ketangguhan, semangat pantang menyerah dan maju bersama menempuh jalan penuh tantangan, agar dapat mencapai masa depan lebih baik. Indonesia yang mampu tumbuh kokoh dalam kedaulatan, persatuan dan kesatuan bangsa," ujar Alumnus UNAIR Surabaya ini.

Selanjutnya, dia berharap, berbagai spirit tersebut dapat melembaga dalam setiap derap langkah kita, guna mendukung kebangkitan untuk Indonesia tangguh. Juga, komunikasi ruang publik harus diisi dengan optimisme pembangunan untuk Indonesia yang terus tumbuh.

"Bangkit untuk Indonesia tumbuh, tentu dibutuhkan lompatan besar. Terutama, akselarasi dan kolaborasi dari berbagai pemangku kepentingan. Guna mempersiapkan dan memastikan lompatan-lompatan kemajuan ini, diperlukan metode terukur dengan cara-cara kerja dan terobosan baru. (Lalu) bangkit untuk Indonesia tangguh, diharapkan dapat mempercepat capaian visi Indonesia Maju 2045, karena hal ini merupakan visi besar mewujudkan NKRI yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur," pungkas putra pengasuh Ponpes 'Bumi Shalawat', Sidoarjo, KH. Agoes Ali Masyhuri (Gus Ali) ini.

Dalam upacara yang dilaksanakan sederhana dan penuh khidmat dengan menjalankan aturan protokol kesehatan ketat itu, dihadiri Pimpinan DPRD Sidoarjo, Forkopimda, Sekda dan Pejabat OPD Pemkab, Danlanudal, Danlanud, Dansat TNI/Polri, Veteran, serta diikuti sejumlah anggota personil TNI/Polri, OPD Pemkab dan Pramuka.***

Penulis: Wachid Yulianto

Baca Juga