Bupati Sidoarjo Ancam Beri Sanksi Bagi ASN Yang Bolos Kerja

Bupati Saiful Ilah dan Wabup Nur Ahmad Syaifuddin saat menyalami para ASN di lingkungan Pemkab Sidoarjo pada acara halal bihalal yang digelar di Pendopo Delta Wibawa Sidoarjo, Senin (10/6/2019). Foto dok. akuratnews.com.

Sidoarjo, Akuratnews.com - Bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo, Jawa Timur yang tidak masuk kerja hari pertama usai cuti lebaran tanpa keterangan jelas alias 'bolos', bakal dikenakan sanksi.

Penegasan itu disampaikan Bupati Sidoarjo, H. Saiful Ilah, didampingi Wakil Bupati (Wabup) Sidoarjo, H. Nur Ahmad Syaifuddin saat menggelar acara halal bilhalal di Pendopo Delta Sidoarjo, Senin (10/6/2019).

"Pegawai yang tidak masuk kerja hari ini, tanpa ada keterangan jelas yang tak bisa dipertanggungjawabkan bakal dikenai sanksi, dari sanksi ringan, sedang hingga berat," tandas Bupati di hadapan para pejabat dan staf, serta aparat instansi vertikal di lingkungan Pemkab Sidoarjo.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sidoarjo, Ridho Prasetyo mengemukakan, pihaknya telah menugaskan stafnya mendatangi seluruh kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Sidoarjo untuk mendata kehadiran para pegawai, lalu hasilnya bakal dilaporkan kepada Bupati.

“Usai apel pagi tadi staf BKD sudah kita sebar ke seluruh dinas, sesuai aturan yang berlaku. Bila ada pegawai yang tidak masuk kerja tanpa keterangan yang bisa dipertanggungjawabkan, maka BKD akan memberikan sanksi," katanya.

Sanksi yang dikenakan, sambung Ridho, disesuaikan dengan kadar pelanggarannya. "Sanksi ringan yakni teguran dari atasan, sanksi sedang, yang bersangkutan harus menandatangani surat pernyataan dan sanksi berat berupa penurunan pangkat atau pemecatan," jelas mantan Camat Sedati ini.

Penulis: Wachid Yulianto

Baca Juga