Bupati Sidoarjo Buka Kegiatan Gebyar UKS Ponpes 2019

Bupati Saiful Ilah (tengah) dan Sekda Achmad Zaini memegang teken MoU "Pembinaan dan Pengembangan UKS/M Ponpes", didampingi Wabup Nur Ahmad Syaifuddin (no. 3 dari kanan) bersama jajaran Forkopimda dan sejumlah pejabat Pemkab Sidoarjo.

Sidoarjo, Akuratnews.com - Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah Pondok Pesantren (UKS/M Ponpes) merupakan wadah program untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan sejak dini hingga jenjang lebih tinggi.

Hal itu disampaikan Bupati Sidoarjo, H. Saiful Ilah dalam sambutannya saat membuka kegiatan "Gebyar UKS/M Ponpes 2019 di Era Milenial Menuju Indonesia Sehat" dengan tema "Sehat Dimulai Dari Saya", digelar di Alun - alun Sidoarjo, Kamis (18/7/2019).

"Sebagai upaya mewujudkan generasi muda berprilaku hidup sehat, baik fisik maupun moral, agar kelak terbentuk siswa dan santri sehat, cerdas, bugar dan berbudi luhur, serta peduli lingkungan, perlu dilakukan pengembangan dan pembinaan UKS/M Ponpes ini, "tuturnya.

Namun, sambung Bupati Saiful Ilah, untuk meningkatkan taraf hidup bersih dan sehat serta berkualitas, dibutuhkan informasi dan publikasi terhadap masyarakat luas, terutama bagi para siswa dan santri.

Sebelumnya, Sekda Sidoarjo, H. Achmad Zaini selaku Pembina UKS Daerah mengatakan, era milenial ini memiliki tantangan berat di berbagai aspek kehidupan, terlebih berkaitan persoalan masa depan anak bangsa notabene ujung tombak generasi mendatang.

"Karenanya, Pemkab Sidoarjo bersama tim Pembina UKS dan para stakeholder berupaya meningkatkan kemampuan hidup siswa dan santri untuk mencapai derajat kesehatan serta lingkungan yang bersih dan sehat, " ujarnya.

Tentu, lanjut Zaini, dengan mengembangkan potensi siswa dan santri dalam berkreasi dan berekspresi, agar nantinya menjadi generasi emas dan berkualitas di era milenial.

Dalam kegiatan yang dihadiri Wakil Bupati (Wabup) Sidoarjo, H. Nur Ahmad Syaifuddin dan sejumlah pejabat Pemkab Sidoarjo serta diikuti ribuan siswa dan santri ini, telah dilakukan penandatanganan kesepakatan bersama (MoU) mengenai pengembangan dan pembinaan UKS/M Ponpes oleh jajaran Forkopimda dan para stakeholder.

Penulis: Wachid Yulianto

Baca Juga