Bupati Sidoarjo : Gali Terus Dapatkan Informasi yang Benar

Sidoarjo, Akuratnews.com - Ada pernyataan  menarik yang diucapkan Bupati Sidoarjo, H. Saiful Ilah saat menghadiri sekaligus membuka kegiatan Bimtek Insan Pers Sidoarjo yang digelar Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sidoarjo di Tanjung Plaza Hotel, Pasuruan, pertengahan September 2019 lalu.

Yakni, Bupati Saiful Ilah meminta para wartawan yang kesehariannya menjalankan tugas peliputan di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo, agar menulis berita secara benar, nyata dan berimbang. Karenanya, bila ada informasi berkaitan masalah yang terjadi di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Sidoarjo, agar segera melakukan klarifikasi dan konfirmasi terhadap Kepala OPD tersebut untuk memperoleh informasi yang benar.

"Jika ada persoalan di OPD-OPD lingkungan Pemkab Sidoarjo, ya temui pejabatnya dulu, gali terus hingga mendapatkan informasi yang benar. Jangan sampai berita salah dibesar-besarkan, sebaliknya berita benar hanya dimuat secuil, bahkan tidak dimunculkan," ujarnya.

Terpisah, Ketua DPRD Sidoarjo yang baru dilantik, H. Usman juga mengungkapkan hal yang sama.

"Semestinya wartawan menulis berita itu, upayakan tidak asal tulis, tetap mengedepankan klarifikasi dan konfirmasi dengan narasumber, agar memberikan informasi yang mencerahkan bagi masyarakat. Bukan sebaliknya, tanpa disertai klarifikasi dan konfirmasi, sehingga menciptakan kegaduhan di tengah masyarakat. Terpenting, berimbang dan tidak sepihak," harapnya saat menerima kunjungan pengurus dan anggota Aliansi Jurnalis Sidoarjo (AJS) di ruang kerjanya, Selasa (24/9/2019).

Namun, ketika disinggung Akuratnews.com soal Kepala OPD yang enggan ditemui wartawan dengan berbagai alasan, Usman memberikan tanggapan cerdas, pihaknya tidak akan pernah menyalahkan Kepala OPD itu. Terpenting, bagaimana cara pendekatan wartawan dengan mereka.

"Yang perlu dipahami, beda manusia, tentu lain pula karakternya. Ya, bagaimana cara kita melakukan pendekatan, yakinkan bila wartawan itu bukan makhluk yang musti ditakuti dan bersikap santun. Bila kedatangan wartawan serius akan konfirmasi, saya yakin para pejabat mau menerimanya," terangnya.

Penulis: Wachid Yulianto

Baca Juga