Proyek Pemerintah

Bupati Sidoarjo Percepat Proses Pengadaan Barang dan Jasa

Sekda H. Achmad Zaini (kiri) dan Bupati H. Saiful Ilah (kanan). Foto: Wachid/Akuratnews.com)

Sidoarjo, Akuratnews. com - Isu tak sedap menerpa Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air (DPUBMSDA) Sidoarjo terkait dengan dugaan belum adanya pekerjaan yang direalisasikan di triwulan tahun anggaran 2019 Pemkab Sidoarjo.

Padahal, dua tahun berturut-turut, 2017 dan 2018, dikabarkan adanya sisa perhitungan anggaran (SiLPA) Sidoarjo terjadi pembengkakan sampai triliunan, akibat minimnya serapan di instansi strategis, termasuk DPUBMSDA (dulu, DPUPR) salah satunya.

Bila demikian yang terjadi, masyarakat sebagai pembayar pajak bisa dirugikan.

Menjawab persoalan tersebut, Sekda Sidoarjo, H. Achmad Zaini menegaskan, jika pihaknya sudah menggelar ekspos serapan dan progres pengadaan barang dan jasa (PBJ) di depan Bupati Sidoarjo, H. Saiful Ilah beberapa waktu lalu.

"Dalam kesempatan itu, Bupati Saiful Ilah telah menginstruksikan agar proses PBJ dipercepat, mulai dari perencanaan, pelelangan, pelaksanaan konstruksi dan seterusnya, " Terang H. Achmad Zaini pada Akuratnews.com, Rabu (24/4/2019).

Namun, ketika disinggung mengenai pelelangan sejumlah proyek fisik yang dilaksanakan PBJ Sidoarjo saat memenangkan rekanan yang menawar rendah dan dianggap tidak wajar, Sekda Achmad Zaini menuturkan kemungkinan sudah dilakukan evaluasi dan nilai harga perkiraan sendiri (HPS)-nya sangat tinggi.

"Evaluasi bisa saja, karena HPS-nya terlalu tinggi," Tandasnya.

Penulis: Wachid
Editor: Redaksi

Baca Juga