Bupati Sidoarjo Tak Ingin cari Lawan, Pemkab dan DPRD Adalah Mitra

Pengucapan sumpah jabatan empat pimpinan definitif DPRD Sidoarjo 2019 - 2024. Dari kiri ke kanan: Usman, Bambang Riyoko, Kayan dan Emir Firdaus. (foto istimewa)

Sidoarjo, Akuratnews.com - Usai pelantikan pimpinan definitif Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sidoarjo masa jabatan 2019 - 2024, Bupati Sidoarjo, H. Saiful Ilah berharap DPRD dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo sejalan dan terjalin harmonis.

Rapat paripurna DPRD Sidoarjo menetapkan pimpinan definitif, H. Usman (F-PKB) selaku ketua, serta H. Bambang Riyoko (F-PDIP), H. Kayan (F-Gerindra) dan H. Emir Firdaus (F-PAN/PPP) sebagai wakil ketua.

Keempat pimpinan definitif tersebut telah melakukan pengucapan sumpah jabatan yang dipimpin Ketua PN Sidoarjo, Yapi di Ruang Rapat Paripurna DPRD Sidoarjo, Jumat (20/9/2019).

Pengucapan sumpah jabatan itu disaksikan 38 dari 50 anggota DPRD dan dihadiri Bupati Sidoarjo, H. Saiful Ilah beserta jajaran Forkopimda dan seluruh pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Sidoarjo.

Seusai pelantikan, Usman menegaskan, pihaknya segera menggelar rapat bersama tujuh fraksi yang sudah terbentuk, yakni FPKB (Ketua: Abdillah Nasih, Sekretaris: Ali Rizza Faizin, FPDIP (Ketua: Suyarno, Sekretaris: Choirul Hidayat), FGerindra (Ketua: Anang Siswandoko, Sekretaris: Bashor), FPAN/PPP (Ketua: Adhi Syamsetyo Djoko Lelono, Sekretaris: Haris), FGolkar (Ketua: Warih Andono, Sekretaris: M. Nizar), FPKS (Ketua: Deny Haryanto, Sekretaris: Atok Ashari) dan FNasdem/Demokrat (Ketua: Moch. Sochib, Sekretaris: Muh. Agil Effendi) untuk membahas pembentukan alat kelengkapan dewan (AKD), kemudian dilanjutkan penyusunan Badan Musyawarah (Bamus) dan Badan Anggaran (Banggar).

"Kami berupaya mempercepat pembentukan AKD. Target kami, penyusunan Bamus dan Banggar, agar evaluasi PAK APBD 2019 bisa selesai dan diparipurnakan," ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Bupati Saiful Ilah mengatakan, pihaknya berharap legislatif bersama eksekutif bisa sejalan dan terjalin harmonis, untuk menghasilkan kebijakan pro-rakyat, serta mendukung pembangunan di Sidoarjo.

"Saya tidak mau cari lawan, saya mau berteman, karena Pemkab dan DPRD adalah mitra. Ingat itu, karenanya dukung semua pembangunan di Sidoarjo," tandasnya. (*)

Penulis: Wachid Yulianto
Editor: Hugeng Widodo

Baca Juga