Bursa Saham Capai Rekor Baru

Bursa saham capai rekor baru setelah kesepakatan AS dengan Meksiko. (Lukman Hqeem)
Bursa saham capai rekor baru setelah kesepakatan AS dengan Meksiko. (Lukman Hqeem)

Jakarta, Akuratnews.com - Bursa saham Amerika Serikat (AS) ditutup di zona positif pada perdagangan hari Selasa (28/8/2018) didorong membaiknya proyeksi perdagangan global setelah AS dan Meksiko mencapai kesepakatan dagang.

Indeks S&P 500 menguat tipis 0,03% menjadi 2.897,52 dan berhasil mencetak rekor menembus 2.900 untuk kali pertama dalam sejarah. Nasdaq Composite juga menyentuh rekor tertinggi dengan kenaikan 0,1% ke posisi 8.030,04. Dow Jones Industrial Average naik tipis 0,06% ke 26.064,02.

Di perdagangan sebelumnya, Wall Street juga mencatatkan reli dengan S&P 500 dan Nasdaq mencapai posisi rekor. Sentimen positif berasal dari kesepakatan baru AS dan Meksiko menggantikan Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA) yang beranggotakan kedua negara plus Kanada.

Presiden AS Donald Trump mengatakan kesepakatan baru itu akan bernama Perjanjian Perdagangan Amerika Serikat-Meksiko yang akan berlaku selama 16 tahun dengan kajian ulang setiap enam tahun sekali. Perundingan dengan Kanada belum dimulai namun Trump telah mengindikasikan dirinya terbuka untuk berbicara dengan Kanada.

Trump telah berulang kali mengritik NAFTA dan menyebutkan kesepakatan dagang terburuk yang pernah ada. Pada hari Senin ia mengatakan "Nama NAFTA memiliki konotasi negatif sebab Amerika Serikat sangat dirugikan oleh NAFTA". Perjanjian perdagangan baru antara ketiga negara itu akan secara efektif meredakan ketidakpastian ekonomi yang terjadi akibat keinginan Presiden AS Donald Trump keluar dari NAFTA.

Bursa-bursa utama Eropa ditutup bervariasi pada perdagangan hari Selasa (28/8/2018) meskipun aksi beli investor menguat oleh kesepakatan Amerika Serikat (AS) dan Meksiko yang berhasil mencapai kesepakatan perdagangan. Indeks FTSE 100 di London melompat 0,52% ke posisi 7.617,22, indeks DAX di Frankfurt melemah 0,09% menjadi 12.527,42, sementara indeks CAC 40 naik 0,11% ke 5.484,99. Indeks Eropa Stoxx 600 melemah tipis 0,03% pada penutupan perdagangan dengan sektor-sektor yang bergerak ke berbagai arah.

Imbas positif kesepakatan ini terasa hingga perdagangan Rabu pagi di wilayah Asia. Mayoritas bursa saham utama kawasan Asia dibuka di zona hijau. Indeks Nikkei naik 0,03%, indeks Kospi naik 0,07%, indeks Strait Times naik 0,11%, dan indeks Hang Seng naik 0,04%.

Pelaku pasar optimis bahwa AS dan Kanada bisa sepakat terkait perubahan NAFTA. Sebelumnya, AS telah mencapai kesepakatan dengan Meksiko terkait hal ini. Delegasi Kanada sendiri sudah berada di Washington untuk membahas kesepakatan perdagangan. Pihak AS optimistis kesepakatan dengan Kanada bisa tercapai pekan ini.

Steven Mnuchin, Menteri Keuangan AS, menyatakan Kanada adalah mitra penting bagi Negeri Paman Sam sehingga kepentingan mereka tentu juga akan dilindungi.  "Pasar AS dan Kanada sudah begitu terhubung. Kesepakatan ini akan sangat penting bagi mereka, dan juga sangat penting buat kami," ujar Mnuchin. (Lukman Hqeem)

Penulis:

Baca Juga