Bursa Saham China Menyeret Jatuh Bursa Regional

Bursa Saham China terkoreksi menyeret jatuh bursa regional. (Foto Istimewa).
Bursa Saham China terkoreksi menyeret jatuh bursa regional. (Foto Istimewa).

Akuratnews – Sempat menguat diawal perdagangan hari ini, Senin (29/10), bursa saham regional harus berakhir di zona merah setelah bursa saham China jatuh. Kekhawatiran akan kelanjutan perang dagang AS – China serta penurunan di Wall Street.

Bursa saham Shanghai turun 2,4% dan Shenzhen turun 0,7%, menyeret jatuhnya bursa saham Hong Kong, Jepang dan Korea Selatan. Indek Hang Seng Hong Kong yang sempat naik 1% dipembukaan perdagangan hari ini, akhirnya turun hingga minus 0,2%. Sejumlah saham sektor pengembang properti Cina seperti Sino Land turun lebih dari 3%, karena saham China Resources Land telah jatuh lebih dari 1%.

Saham unggulan HSBC menjadi yang paling menonjol, naik lebih dari 3% setelah membukukan kenaikan 32% pada laba bersih di kwartal ketiga. Sementara saham Tencent turun lebih dari 1%, setelah menimbang patokan pada hari Jumat, mendorongnya ke level terendah 17 bulan. Sebagian besar produsen mobil China yang terdaftar di Hong Kong turun tajam, dengan saham Great Wall Motor kehilangan 7,9%.

Indek Nikkei Jepang, berbalik dari kenaikan dipagi hari sebesar 0,6% menjadi turun 0,2%. Sejumlah saham perusahaan besar mengalami tekanan, dimana Toyota dan SoftBank turun lebih dari 1%. Tapi Honda mampu naik sedikit, dimana laporan pendapatannya akan diumumkan sehari lagi.

Indek Kospi Korea Selatan, turun mendekati 1%, dimana saham Samsung mampu bertahan dengan kenaikan sebesar 1%. (LH)

Penulis:

Baca Juga