Cair Mei 2019, THR PNS Bakal Dongkrak Daya Beli

Jakarta, Akuratnews.com - PNS atau ASN bakal menerima THR pada bulan Mei 2019. Hal itu dinilai bakal mendongkrak daya beli terutama pada saat Lebaran 2019 di mana konsumsi masyarakat biasanya akan meningkat.

"Jadi unruk daya beli mereka itu punya efek positif terhadap tambahan pengeluaran mereka karena kan menjelang Hari Raya itu kebutuhan mereka kan meningkat," kata Ekonom INDEF Eko Listiyanto, Jumat (22/2/2019).

THR yang cair di semester ini menurutnya akan berdampak positif terhadap peningkatan daya beli.

"Relatif memang adanya THR, di semester I ya karena Lebarannya Juni pasti ada dampak positif untuk daya beli terutama ya PNS nya. Tapi apakah ini akan mendongkrak pertumbuhan ekonomi ya saya rasa belum signifikan kalau hanya dari THR itu," paparnya.

Terkait kontribusinya terhadap pertumbuhan ekonomi yang tidak signifikan, Eko mencontohkan, untuk belanja pemerintah secara keseluruhan saja hanya berkontribusi sekitar 10% dari pertumbhan ekonomi.

"Kalau hanya sebatas THR PNS belum berdampak signifikan semestet I total dari belanja pemerntah saja itu baru 10%, atau kurang dari 10% bahkan ya dari pertumbuhan ekonomi," jelas Eko.

Dia memperkirakan , pertumbuhan konsumsi di semester I-2019 juga masih di kisaran 5% pasalnya, THR PNS tak signifikan mendorong pertumbuhan konsumsi.

"Dugaan saya masih akan tetap di 5% (pertumbuhan konsumsi) . Belum punya dampak, jangankan pertumbuhan ekonomi, terhadap konsumsi sendiri ya belum akan tiba-tiba signifikan," tambahnya.

Jurnalis: Hasto
Publisher: Ahmad

Penulis:

Baca Juga