Seminar Litersi Digital

Cak Imin Berharap, Pandemic Covid – 19 Harus Dijadikan Momentum Kebangkitan Industri Berbasis Teknologi Digital

Jakarta, Akuratnews.com-Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kementerian Kominfo) bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah menyelenggarakan seminar online dengan tema yang diangkat Literasi Digital: “Pandemi Covid 19 Momentum Kebangkitan Industri Berbasis Teknologi Digital”.

Dalam seminar tersebut terdapat tiga pembicara yang mumpuni pada bidangnya, yaitu Bapak Dr. H. Abdul Muhaimin Iskandar, M.Si. yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua DPR RI. Narasumber kedua adalah Bapak Semuel Abrijani Pangerapan, B.Sc. menjabat sebagai Dirjen Aplikasi Informatika (APTIKA) Kementerian Kominfo RI serta mengundang  Ibu, Ummu Habibah, M.Pd.I menjabat sebagai Ketua PC Fatayat NU Kab. Madiun. Seminar ini diselenggarakan pada hari Minggu, 17 Oktober 2021 melalui platform zoom meeting.

Seminar ini merupakan dukungan Kominfo terhadap Program Literasi Digital yang melibatkan berbagai elemen masyarakat. Seminar Literasi Digital memiliki beberapa tujuan di antaranya adalah untuk mendorong masyarakat agar mengoptimalkan pemanfaatan internet sebagai sarana edukasi dan binis, memberdayakan masyarakat agar dapat memilah dan memilih informasi yang dibutuhkan dan bermanfaat; memberikan informasi yang lengkap kepada masyarakat terkait pembangunan Infrastruktur TIK yang dilakukan oleh Pemerintah khususnya oleh APTIKA, mendorong dan memotivasi peran orang tua dalam pendampingan pembelajaran dimasa pandemi ; serta mewujudkan jaringan informasi serta media komunikasi dua arah antara masyarakat dengan masyarakat maupun dengan pihak lainnya. Seminar ini terdiri dari beberapa sesi, yaitu sesi pembukaan, pemaparan materi, sesi tanya jawab, dan sesi penutup.

Nara sumber pertama Wakil Ketua DPR RI Dr. H. Abdul Muhaimin Iskandar, M.Si atau yang dikenal dengan nama Cak Imin, lewat paparanya menjelaskan;

"Pandemic Covid – 19 harus dijadikan momentum kebangkitan industri berbasis teknologi digital. Ditengah Era digital ini kita harsus produktif agar membangkitkan perekonomian kita. Oleh karena itu jangan disia-siakan momentum ini kepada para pelaku ekonomi, pelaku industry kreatif dan paling meriah adalah menjebatani antara konsumen dan produsen, dam paling terpenting adalah inovasi, kreasi, kreatif dan memiliki potensi.  Semoga dengan terlaksananya kegiatan literasi digital ini dapat membangkitkan manfaat bagi kita semua," jelas Cak Imin, di Jakarta, pada Minggu (17/10/21).

Selanjutnya Narasumber kedua Semuel Abrijani Pangerapan, B.Sc menjabat sebagai Dirjen Aplikasi Informatika (APTIKA) Kementerian Kominfo RI melalui tampilan video menjelaskan.

Dimasa pandemi dan pesatnya teknologi telah merubah aktivitas seluruh masyarakat dalam melakukan kegiatan dan mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam transformasi digital Indonesia. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mewujudkan masyarakat digital dimana kemampuan literasi digital masyarakat memegang peran yang sangat penting. Karena dalam upaya transformasi digital, pemerintah tidak dapat bergerak sendiri sehingga peran masyarakat sangat dibutuhkan. Sehingga Kominfo dan Siber Kreasi serta stakeholder lainnya terus berupaya mengadakan kegiatan guna mencapai tingkat literasi yang optimal," jelas Samuel.

Narasumber ketiga atau yang terakhir  Ketua PC Fatayat NU Kab. Madiun Ummu Habibah, M. Pd. I, dalam paparannya menjelaskan,

"Kecakapan digital merupakan hal yang harus kita pahami tentang ruang digital dan mesin pencari informasi. Secakap apapun kita dalam dunia digital , kalau kita tidak memanfaatkan dengan mudah dan baik, maka kecapan digital itu tidak akan melakukan perubahan dengan baik bagi orang-orang yang ada disekitar kita. Maka kita sebagai warga negara yang pancasilais bagaimana kita mempunyai kecapakan digital dan budaya yang pancasilais juga, seperti cinta produk dalam negeri, menjaga peivasi dan memahami hak orang lain," jelas Ummu Habibah.

Seminar online ini diikuti sekitar  150 peserta, yang melakukan interaksi dengan para narasumber melalui tanya jawab.Dengan adanya acara ini diharapkan masyarakat dapat melakukan literasi digital sebagai dukungan kepada pemerintah mewujudkan transformasi digital Indonesia.

Penulis: Irish
Editor: Redaksi

Baca Juga