Camat Comal : Manusiakan Mereka, Beri Semangat Untuk Hidup

Pemalang, Akuratnews.com - Pengadaan rumah singgah untuk isolasi warga yang mudik dari luar daerah terus digencarkan berupa sosialisasi dan himbauan ke desa-desa di kecamatan Comal kabupaten Pemalang, terkait pencegahan dan memutus rantai penyebaran virus Covid-19.

Camat Comal bersama Muspika Comal beserta puskesmas Purwoharjo Comal kembali mendatangi desa Sidorejo kecamatan Comal kabupaten Pemalang dalam rangka sosialisasi pengadaan rumah singgah bagi desa Sidorejo, setelah sehari sebelumnya jajaran muspika Comal mendatangi desa Gintung melaksanakan hal yang sama, Selasa (7/4/2020).

Camat Comal kabupaten Pemalang, Fauzan mengatakan bahwa menjelang hari raya Idul Fitri yang akan datang, dipastikan desa Sidorejo akan kedatangan warganya untuk mudik dan pulang kampung. Dalam mengantisipasi hal tersebut, dirinya menghimbau agar pemdes Sidorejo kecamatan Comal kabupaten Pemalang mempersiapkan rumah tinggal/isolasi diri, untuk mencegah atau memutus rantai penyebaran virus covid-19

Rumah singgah/isolasi diri diperuntukkan warga desa setempat yang baru pulang dari luar daerah, setelah melaporkan kedatangan mereka di posko penanganan covid-19 desa setempat. Secara prosedural warga kemudian diperiksa yang salah satunya dengan tes panas suhu tubuh.

Setelah pemeriksaan selesai dan dianggap normal, petugas setempat menghimbau agar para pemudik untuk mengisolasi diri di ruang isolasi tersebut selama 14 hari. Apabila 14 hari masa isolasi tidak terjadi gejala penyakit, maka warga diperbolehkan kembali ke rumah masing-masing.

"Jika dalam masa isolasi terdapat gejala-gejala layaknya orang terpapar virus, harus segera dirujuk ke rumah sakit," tegas Fauzan.

Perlakukan Secara Manusiawi

Bagi keluarga di rumah yang tidak mengisolasi diri di rumah singgah, dhimbau untuk menjalani pola hidup sehat, cuci tangan pakai sabun dan tetap memakai masker untuk menghambat virus corona.

Sementara itu Fauzan juga menghimbau kepada warga masyarakat agar tidak mengucilkan warga yang positif corona dan dirawat di rumah sakit.

"Manusiakan mereka, berikan semangat untuk sembuh," kata Fauzan.

Fauzan juga menambahkan bahwa warga masyarakat hendaknya tidak mudah percaya dengan informasi yang sumber informasinya tidak bisa dipertanggung jawabkan, hanya akan menambah kekacauan di masyarakat.

Muspika Comal juga membagikan masker kain secara simbolis kepada perwakilan warga masyarakat sebagai bentuk rasa keselamatan melindungi diri sendiri dan orang lain.

Penulis: Yohanes Marto

Baca Juga