Capres-Cawapres Diminta Jaga Kondisi Badan

Jakarta, Akuratnews.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman mengingatkan para bakal calon presiden dan wakil presiden tidak boleh terlalu lelah pada saat pendaftaran.

Pasalnya, sehari setelah pendaftaran, kata dia, paslon capres-cawapres harus melakukan pemeriksaan kesehatan di rumah sakit yang sudah ditentukan KPU.

"Nah, saya juga ingin mengingatkan proses pendaftaran itu jangan sampai melelahkan pasangan capres-cawapresnya," ujar Arief di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Minggu (5/08/2018).

Menurut Arief, pemeriksaan kesehatan membutuhkan waktu puasa. Capres-cawapres, kata dia harus puasa beberapa jam sebelum pemeriksaan kesehatan. Karena itu, mereka tidak boleh mendaftarkan terlalu malam.

"Jadi, datangnya jangan terlalu malam karena kalau pemeriksaan kesehatan mulai pagi, sekian jam sebelumnya kan dia sudah harus istirahat, puasa," tandas dia.

Lebih lanjut, dia mengatakan pendaftaran di hari terakhir pendaftaran tidak akan mengganggu tes kesehatan karena tes kesehatan dilakukan sehari setelah pendaftaran.

"Enggak. Karena jadwal pemeriksaan kesehatan itu kan baru dilaksanakan satu hari setelah pendaftaran, paling cepat satu hari setelah pendaftaran," tutur dia.

Pemeriksaan kesehatan, kata Arief, meliputi semua bagian tubuh capres-cawapes mulai dari ujung ramput sampai ujung kaki, seperti mata, telinga, hidung, tenggorokan, paru-paru dan organ tubuh lainnya.

"(Pemeriksaan kesehatan) di RSPAD. Hanya di satu saja. tambahannya satu kalau nggak salah BNN, narkotika tapi pemeriksaannya tetap di RSPAD," pungkas dia. (Wan)

Penulis:

Baca Juga