Cara Lengkap dan Ampuh Jaga Daya Tahan Tubuh Saat Musim Hujan

Jakarta, Akuratnews.com - Indonesia tengah dihadapi dengan musim hujan dengan curah yang cukup tinggi. Hal ini diakibatkan fenomena alam La Nina yang melanda beberapa daerah di Indonesia dan mengakibatkan kenaikan curah hujan hingga 40%.

Pada musim hujan kali ini, tentunya badan yang sehat dan fit menjadi kunci agar dapat terhindar dari penyakit yang kerap terjadi di musim hujan. Sebenarnya bukan musim hujan yang patut disalahkan bila seseorang sakit, namun udara dinginlah yang menyebabkan orang dapat dengan mudah terkena penyakit.

Seperti yang dilansir dari medicalnewstoday, virus akan lebih mudah menyebar pada suhu udara yang dingin sehingga udara dingin dapat membuat tubuh yang terpapar virus lebih buruk dari sebelumnya.

Untuk itu, agar tubuh tetap sehat dan fit selama berada di musim hujan, ada baiknya memperhatikan beberapa hal berikut seperti dikutip dari SehatQ.com.

Tetap Pastikan Kebersihan Tubuh & Lingkungan

Menjaga kebersihan tubuh menjadi hal penting yang harus dilakukan saat musim hujan tiba. Karena saat musim hujan, banyak virus dan bakteri yang tengah mengintai untuk menyerang saat daya tahan tubuh sedang lemah, sehingga menjaga kebersihan tubuh adalah hal yang wajib.

Segera Mengganti Baju & Pakaian Yang Basah

Pastinya ketika musim hujan datang akan ada waktu di mana Anda harus menerjang hujan untuk mengejar bus atau kereta. Untuk menjauhkan diri dari penyakit, ada baiknya untuk mengganti pakaian yang sudah basah dengan yang kering. Mengapa? Ini karena pakaian yang basah menjadi rumah bagi mikroba. Tentunya Anda tidak mau kan pakaian yang dikenakan menjadi tempat tinggal untuk bakteri tersebut.

Jaga Asupan Air Putih Sendiri

Membawa minuman sendiri juga dapat menghindari Anda dari bakteri yang mengendap di air. Dengan membawa minuman sendiri dari rumah tentunya Anda sudah mengetahui tingkat kematangan air yang dibawa. Ini dapat meminimalisir risiko tertular penyakit yang terbawa air.

Rajin Membilas Tubuh Setelah Hujan

Air hujan dapat membuat rambut dan pakaian menjadi lembap, sehingga dapat menarik virus penyebab flu. Cobalah untuk mandi dengan air hangat untuk mencegah virus sekaligus mengatasi sakit tenggorokan.

Jaga Imunitas dengan Gizi Seimbang

Ketika sistem kekebalan tubuh yang Anda miliki lemah, diri Anda akan menjadi sasaran empuk bagi virus yang menyebar di udara. Untuk meningkatkannya cobalah untuk berolahraga, istirahat yang cukup dan juga mengonsumsi makanan yang punya gizi seimbang.

Anda juga disarankan untuk melindungi diri dari dalam seperti mengonsumsi suplemen dan multivitamin juga dapat dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Seperti mengonsumsi multivitamin terbaik yaitu Samcorbex guna melengkapi kebutuhan nutrisi harian. Anda bisa berkonsultasi langsung dengan dokter secara online dengan menggunakan situs SehatQ.Com

Selain Layanan kesehatan, SehatQ juga memberikan penawaran suplemen dan multivitamin dengan harga terbaik. Anda bisa melakukan beragam suplemen mulai dari brand ternama seperti Blackmores, Fitkom dan Nutriwell.

Toko SehatQ juga menyediakan ragam pilihan lain bila Anda sudah mengalami gejala influenza seperti demam, batuk dan pilek. SehatQ juga memiliki produk seperti jamu tolak angin, mixagrip, sampai dengan obat batuk anak.

Dan tidak hanya itu. Anda juga bisa mendapatkan harga terbaik untuk melakukan rapid test dan swab test dengan ragam pilihan yang bisa Anda tentukan sendiri. Cukup lengkap bukan ?

Penulis: Redaksi

Baca Juga