Cara Mengatasi Berita Hoax di Internet

Ilustrasi Hoax
Ilustrasi Hoax

AKURATNEWS - Istilah hoax atau berita bohong semakin banyak terdengar di dunia maya. Kemudahan penyebaran pesan melalui media sosial memudahkan hoax berkembang dengan cepat. Dalam hitungan menit saja sebuah informasi bisa di bagikan oleh banyak orang di internet yang mana saat ini biasa disebut dengan netizen.

Akibatnya, orang yang tidak menemukan kebenaran mudah gelisah dan jika dibiarkan, mereka bisa menimbulkan kerusuhan.

Sebagai seorang netizen yang cerdas, tidak semua berita yang disebar harus ditelan begitu saja. Jika tidak ingin terjebak dalam hoax news, Anda harus mengikuti cara menghadapi berita hoax berikut ini:

Waspadai Berita Utama Provokatif

Umumnya berita hoax diberi judul yang sensasional dan provokatif, misalnya hanya mengarah langsung ke pihak tertentu. Isi beritanya juga bisa diambil dari berita resmi media, namun beberapa informasi telah diubah agar sesuai dengan keinginan pembuat hoax. Situs wigatos.com merupakan salah satu situs yang bisa anda kunjungi selagi senggang.

Lebih baik mencari berita serupa berdasarkan sumbernya sebelum anda termakan judul yang ada. Kemudian bandingkan isi keduanya, apakah sama atau sebaliknya. Jika jawabannya kontradiktif, bisa dipastikan itu adalah berita bohong.

Periksa Fakta

Salah satu cara yang bisa anda gunakan untuk menghindari berita hoax adalah dengan cara memeriksa fakta. Anda bisa mengecek sumber berita apakah dari sumber yang terpercaya atau tidak. Jika informasinya bersumber dari aktor ormas, pengamat, atau tokoh politik, jangan cepat percaya.

Anda bisa membandingkan satu sumber berita dengan berita lainnya agar anda bisa membedakan mana berita yang asli dan mana berita yang palsu.

Setelah itu, amati jenis berita yang Anda baca berdasarkan fakta atau opini. Fakta merupakan bukti atau kesaksian sedangkan opini merupakan pendapat yang biasanya lebih subjektif.

Periksa keaslian foto

Konten berita tidak hanya berupa teks saja, tetapi juga menyertakan foto bahkan video untuk mendukung konten berita tersebut. Namun saat ini sudah banyak teknologi yang bisa memberikan informasi bahwa foto atau video yang ada adalah asli atau pun tidak.

Di sini Anda harus meneliti keaslian media menggunakan mesin pencari Google. Anda tinggal mencari informasi yang berkaitan dengan berita tersebut di google. Maka setelah itu anda akan mendapatkan gambar yang serupa agar anda bisa memastikan keaslian dari berita tersebut.

Jelajahi Alamat Situs

Biasanya saat ini beberapa berita akan menyertakan situs yang terlihat terpercaya. Namun anda tidak boleh begitu saja percaya. Anda wajib menelusuri alamat situs apakah sudah diverifikasi sebagai lembaga pers resmi atau belum. Situs pindahlubang.com juga menyediakan berbagai tips yang sangat berguna untuk anda.

Berdasarkan catatan Dewan Pers, terdapat sekitar 43.000 situs di Indonesia yang mengaku sebagai portal berita, namun baru 300 situs yang sudah diverifikasi sebagai situs berita resmi. Artinya, ada puluhan ribu situs berpotensi menyebarkan berita bohong di internet yang perlu Anda waspadai.

Bergabunglah dengan Grup Anti-Hoax

Cara terakhir menghadapi berita hoax yang bisa Anda lakukan adalah dengan bergabung dengan grup anti hoax yang kini banyak tersedia di internet. Misalnya, di Facebook terdapat beberapa fanpages dan grup diskusi anti hoax, seperti Anti-Fitnah, Forum Penghasutan dan Hoax (FAFHH), Lifeboat Group, Fanpage & Group Hoax Buster Indonesia, dan Fanpage Hoax Indonesia.

Dalam kelompok tersebut, Anda dapat membaca klarifikasi yang telah diberikan oleh orang lain atau menanyakan apakah informasi yang Anda baca itu hoax atau bukan.

Bagaimana Melaporkan Berita Hoax

Jika menemukan berita hoax, terutama yang sudah masuk level berbahaya, tak ada salahnya melaporkannya ke media sosial tempat beritanya menyebar. Biasanya setiap media sosial sudah memiliki fitur Report untuk konten atau komentar yang didapati melanggar.

Salah satu media sosial yang memiliki fitur report adalah facebook yang mana anda bisa langsung melaporkan kepalsuan berita yang ada kepada developer facebook. Jika banyak keluhan dari pengguna, maka Facebook akan menghapus status tersebut.

Mesin pencari Google juga memiliki fitur umpan balik untuk melaporkan situs dari hasil pencarian jika mengandung informasi palsu. Kemudian di Twitter terdapat fitur Report Tweet untuk melaporkan tweet negatif. Begitu juga di Instagram, terdapat fitur Report sebagai spam atau konten yang tidak pantas.

Selain langsung di media sosial, Anda juga bisa menyampaikan pengaduan konten negatif ke Kementerian Komunikasi dan Informatika. aduankonten@mail.kominfo.go.id merupakan email untuk anda melaporkan sebuah berita hoax.

Komunitas Indonesia Melawan Hoax juga menyediakan halaman data. turnbackhoax.id untuk menampung keluhan hoax dari netizen. Website ini juga memberikan list database yang berisi sumber berita hoax.

Itulah cara menghadapi berita hoax yang bisa Anda coba. Netizen harus lebih pintar dan lebih selektif dalam menelaah isi beritanya, jangan mudah terprovokasi. Jika masing-masing individu menerapkannya, tidak akan ada lagi kekacauan yang diakibatkan oleh penyebaran berita bohong. Menjadikan Indonesia bebas hoax demi perdamaian dan keharmonisan seluruh masyarakat.

Penulis: Redaksi

Baca Juga