Cara Menghilangkan Formatted di Word (Comment, Garis, Tabel, dll)

Solaeman Nur Rahman

cara menghilangkan formatted di word

Microsoft Word adalah aplikasi yang sangat populer dan paling banyak digunakan untuk membuat dokumen mulai dari tugas sekolah, pekerjaan, dan masih banyak lagi. Ketika menggunakan aplikasi ini, kadang Kamu perlu menggunakan cara menghilangkan formatted di Word.

Tidak dipungkiri bahwa Ms Word telah dilengkapi dengan berbagai fitur yang memungkinkan penggunanya memilih format yang berbeda pada teks.  Format yang dimaksud dapat berupa font, warna, ukuran, style, dll.

Kamu dapat menggunakan fitur ini untuk mengubah teks yang dibuat agar menjadi lebih menarik dan lebih mudah dibaca. Fitur-fitur yang berkaitan dengan format dokumen ini sudah tersedia di deretan menu-menu pada tab Home yang dapat diatur sesuai dengan kebutuhan.

Apa Itu Fitur Formatted di Ms Word

Apa Itu Fitur Formatted di Ms Word

Fitur Formatted atau juga sering dikenal sebagai Track Changes di Microsoft Word merupakan sebuah alat yang memungkinkan pengguna untuk melacak perubahan yang telah dilakukan dalam sebuah dokumen. Fitur ini bermanfaat ketika sebuah dokumen harus dibagikan dengan orang lain.

Dengan fitur ini, seseorang dapat membedakan mana perubahan yang telah dibuat oleh pengguna lain dan memungkinkan pengguna untuk meninjau perubahan yang telah terjadi. Fitur ini juga memungkinkan pengguna mengaktifkan opsi untuk menyembunyikan perubahan yang telah dilakukan.

Jadi dokumen dapat dilihat seperti sebelumnya tanpa perubahan yang dilakukan oleh pengguna lain atau melihat versi aslinya. Dengan fitur ini, pengguna dapat mengkonfirmasi perubahan atau membatalkan perubahan yang dibuat sehingga memastikan dokumen tersebut siap digunakan.

Baca Juga:  5 Cara Merubah PPT ke Word di Laptop Tanpa Berantakan

Bagaimana Cara Menghilangkan Formatted di Word?

Adanya fitur formatted pada Microsoft Word memang sangat berguna untuk meninjau suatu dokumen yang dibuat atau didapat dari orang lain. Tetapi formatted kadang muncul secara tiba-tiba dan justru membuat pengguna merasa bingung saat fitur ini muncul.

Adanya formatting di Ms Word yang selalu muncul biasanya terjadi karena Kamu tidak sengaja telah mengaktifkan fungsi Track Change. Fungsi ini secara default menandai adanya perubahan-perubahan yang dilakukan terhadap teks di dalam dokumen.

Secara default ada beberapa markup atau 3 opsi yang akan aktif jika track change dalam posisi aktif,yaitu sebagai berikut:

Insertions: Tanda garis bawah yang menandai teks yang ditulis dengan garis bawah atau warna setiap kali Kamu mengetik atau memasukkan teks

Deletions: Adanya tanda coret horizontal berwarna setiap kali Kamu menghapus teks dari dokumen

Change Lines: Garis-garis di bagian luar paragraph setiap kali mengetik teks per baris.

Jika Kamu mengalami tanda-tanda tersebut, ada beberapa cara menghilangkan formatted di Word yang dapat dilakukan sesuai dengan kebutuhan.

1. Menerima Semua Perubahan

  • Buka dokumen yang sudah memiliki format
  • Klik tombol “Review” di ribbon
  • kemudian pilih “Accept
  • Klik pada “Accept All Changes in Document“.
Klik pada Accept All Changes in Document.

Jika Kamu memilih opsi tersebut, maka artinya Kamu menerima semua perubahan atau format yang telah dibuat pada dokumen tersebut.

2. Menghapus Semua Perubahan Format

Sebaliknya, jika Kamu ingin menghapus semua perubahan yang telah dibuat dan berbagai format yang berkaitan dengan dokumen tersebut, Kamu bisa mencoba cara berikut

  • Buka dokumen yang formatnya ingin diubah
  • Masuk ke tab Review
  • Kemudian pilih “Accept
  • Klik pada “Reject All Changes in Document“.
Klik pada Reject All Changes in Document.

Setelah Kamu memilih menu tersebut, maka dokumen akan dikembalikan ke format default. Ini artinya format-format yang telah dibuat sebelumnya semua akan hilang.

3. Menghapus Sebagian Format

Kamu juga bisa menghapus salah satu atau beberapa perubahan dalam dokumen tersebut secara manual.

  • Buka dokumen Word yang akan dihapus formatnya
  • Masuk ke tab Review
  • Klik tombol “Previous” atau “Next” di sebelah kanan jendela “Review“.
Klik tombol Previous atau Next di sebelah kanan jendela Review.
  • Jika Kamu sudah berada di perubahan yang ingin dihapus, klik tombol “Reject” di sebelahnya.
  • Dengan cara ini Kamu bisa memilih bagian mana saja yang ingin dihapus formatnya.
Baca Juga:  Cara Mematikan Comment di Word Sementara dan Permanen

4. Menghapus Semua Format Pada Teks

Jika Kamu ingin menghapus semua pemformatan yang telah diterapkan pada teks, lakukan cara berikut

  • Buka dokumen Ms Word yang formatnya ingin dihapus
  • Masuk ke tab Review
  • klik menu “Clear All Formatting” yang ada di ribbon.
klik menu Clear All Formatting yang ada di ribbon.
  • Selesai. Langkah ini nantinya akan menghapus semua teks yang telah diformat di dokumen tersebut.

5. Menghapus Semua Track Changes

Untuk menghapus semua Track Changes, lakukan cara berikut

  • Buka dokumen Word yang ingin dihapus formatnya
  • Masuk ke tab menu Review
  •  klik tombol “Track Changes” di ribbon.
 klik tombol Track Changes di ribbon. Pilih Stop Tracking dari menu yang muncul. Ini akan menghapus semua tanda Track Changes dari dokumen.
  • Pilih “Stop Tracking” dari menu yang muncul. Ini akan menghapus semua tanda Track Changes dari dokumen.

Cara Menghilangkah Formatted di Word 2019

Agar semakin jelas, berikut ini adalah langkah-langkah untuk menghapus formatted pada Ms Word 2019 atau Ms Word di Windows

  • Pilih dokumen yang ingin dikembalikan ke format default. Pilih semua teks dengan cara menekan tombol CTRL + A.
  • Jika sudah masuk ke Word, di tab beranda, bersama dengan grup Font, klik pada Hapus Semua Pemformatan.  Atau Kamu juga bisa menekan tombol Ctrl + Space
Jika sudah masuk ke Word, di tab beranda, bersama dengan grup Font, klik pada Hapus Semua Pemformatan.  Atau Kamu juga bisa menekan tombol Ctrl + Space
  • Jika diperlukan, Kamu bisa menetapkan format teks standar dengan mengklik menu Normal di Ribbon Home bagian Styles.

Cara Menghilangkan Formatted Word di MacOS

Bagi pengguna MacOS, ada cara tersendiri yang dapat dilakukan untuk menghapus formatted di Word. Cara ini sedikit berbeda dengan versi Windows. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

  • Pilih teks yang akan dikembalikan ke format default.
  • Pada menu Edit di Ms Word, klik Hapus. Kemudian pilih Hapus Pemformatan. Nantinya teks tersebut akan kembali ke format aslinya.
Pada menu Edit di Ms Word, klik Hapus. Kemudian pilih Hapus Pemformatan. Nantinya teks tersebut akan kembali ke format aslinya.

Cara Menghilangkan Formatted Word di Web

Untuk cara menghilangkan formatted di Word online, Kamu bisa menggunakan tombol “Clear Formatting” di toolbar. Tombol ini akan menghapus setiap style dan format tertentu dari teks yang dipilih.

Baca Juga:  3 Cara Membuat Daftar Pustaka Harvard Style di Word

Kamu juga dapat memilih jenis font dan gaya default untuk menghapus semua gaya dan format yang ada. Berikut ini adalah langkahnya.

  • Buka dokumen Word online
  • Pilih teks yang akan dihapus formatnya
  • Klik pada tombol Hapus Pemformatan di bagian beranda di ribbon.
Klik pada tombol Hapus Pemformatan di bagian beranda di ribbon.

Fungsi Fitur Formatted di Word

Fitur Formatted yang ada di Ms Word menawarkan beberapa fungsi atau kegunaan di antaranya adalah

Melakukan Pengaturan Teks

Fungsi yang pertama adalah memungkinkan pengguna untuk mengatur pengaturan teks. Melalui fitur ini Kamu bisa mengatur teks sesuai dengan keinginan seperti ukuran font, jenis font, warna font, dan lain-lain.

Fitur ini juga memungkinkan pengguna untuk menggabungkan berbagai jenis font dan ukuran huruf dalam satu dokumen. Ketika membuat dokumen atau tugas kadang perlu ada beberapa jenis font dalam satu dokumen untuk menegaskan bagian-bagian tertentu.

Membuat Dokumen Terlihat Lebih Menarik

Ketika pengguna dapat mengatur font, ukuran, dan style dari fokumen yang dibuat, maka tampilan dokumen tersebut tentu akan semakin menarik. Apalagi Kamu juga bisa menambahkan warna dan efek visual seperti drop-shadow.

Selain itu, pengguna juga dapat mengatur posisi teks dengan menambahkan margin, paragraf, dan jarak dalam dokumen menggunakan fitur formatted. Selain lebih menarik, fitur ini akhirnya juga dapat membuat dokumen terlihat lebih rapi.

Dapat Membuat Judul dan Subjudul yang Menarik

Fitur formatted juga memungkinkan pengguna untuk membuat judul yang menonjol dan subjudul yang menarik. Bahkan setiap bagian dapat dibuat dengan style yang berbeda baik dari dari segi font maupun ukurannya.

Fitur formatted memiliki peranan yang cukup signigikan untuk sebuah dokumen. Untuk itu, pengguna Ms Word memang perlu mengenal lebih dekat mengenai fitur ini dan bagaimana cara menghilangkan formatted di Word ketika tidak memerlukannya.

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Tags

Artikel Terkait