Cara UBL dan SMK Tunas Media Memberikan Pemahaman Penggunaan Medsos

Para Narasumber dalam Literasi Media yang diselenggarakan hasil kerjasma Universitas Budi Luhur dan SMK Tunas Media Depok. Tampak Linda Islam M.Si (kerudung merah), pasca pbekalan kepada murid SMK Tunas Media.

Sementara itu Dosen Fikom UBL yang lainnya Indah Suryawati Ms.I, menjelaskan murid-murid sekelas Menengah Atas perlu dilakukan literasi media. Dia menilai, para murid SMK perlu diberikan literasi agar mereka tidak kebablasan dalam penggunaan media sosial yang diketahui saat ini menjadi dunia kedua mereka.

"Kalau mereka tidak diletarasi mereka akan kebablasan, sebab jiwa mereka mudah cenderung mengekspresikan secara bebas. Khawatirnya mereka tidak tahu akan berdampak hukum. Jangankan kalangan remaja, orang tua, bahkan orang pintar bisa terlibat. Bicara kekerasan kita tidak bisa seenaknya karena akan ada batasan," ungkapnya.

Terkait dengan pelajaran untuk meredam kegiatan medsos yang kebablasan, Indah menyampaikan perlu dibuat mata pelajaran yang mengkhususkan tentang nilai-nilai kebaikan.

"Mungkin mata pelajaran perlu diadakan. Seperti di UBL ada mata kuliah terkait kebudiluhuran. Saya pikir perlu ada mata kuliah atau mata pelajaran yang mengajarkan terkait kebudiluhuran," imbuhnya.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Ketua Yayasan Cahaya Qolbu Al Jannah Novebri Krisnandaru Sasongko, SH., Mkn, menyampaikan harapan dan kebahagiaannya dengan kedatangan tim dari UBL, dimana selama ini pembekalan literasi bagi murid SMK Tunas Media menjadi sebuah harapan.

"Kita sangat berbahagia terutama dari pihak yayasan, kerena memang kami mengharapkan kegiatan buat anak kita dan memang harapannya adalah anak kita bisa melek terhadap dunia informasi yang sifatnya medsos dan digital. Tidak lagi anak kita gaptek dan kami berikan support kepada anak-anak kita sehingga mereka menjadi manusia pembelajar yang siap menghadapi ke depan," katanya.

"Semoga seluruh stakeholder dan UBL bisa kerjasama untuk mengembangkan pendidikan di Indonesia," pungkasnya.

Selanjutnya 1 2
Penulis:

Baca Juga