Gala Siswa Indonesia

Cari Bibit Muda, Disdikbud Gelar Pertandingan Sepakbola SMP se-Kabupaten Sidoarjo

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sidoarjo, H. Asrofi. (Foto istimewa).

Sidoarjo, Akuratnews.com - Apa yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sidoarjo patut dijadikan contoh bagi pemkab/pemkot lainnya di Indonesia. Guna mencari bibit muda handal pesepakbola di Sidoarjo, Disdikbud menggelar pertandingan sepakbola tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) sekecamatan Sidoarjo dengan tajuk "Gala Siswa Indonesia (GSI) Tingkat Kab. Sidoarjo 2019".

Dalam laga itu, Tim SMP Kecamatan Sidoarjo berhasil menjadi juara. Namun begitu, nantinya para pemain muda dari seluruh peserta GSI yang dinilai piawai dan berbakat akan dipilih untuk mewakili Sidoarjo dalam pertandingan GSI tingkat provinsi.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sidoarjo, H. Asrofi mengatakan pemain yang memperkuat tim Sidoarjo dalam kompetisi GSI tingkat provinsi itu, bukan cuma diambil dari tim pemenang, tetapi juga diambil dari tim lainnya.

"Ya, memang yang meraih juara GSI tingkat Kabupaten itu Kecamatan Sidoarjo, tapi pemain yang memperkuat tim Sidoarjo dalam kompetisi GSI tingkat provinsi itu, bukan cuma Kecamatan Sidoarjo saja, tetapi mengikutkan pula, pemain yang dinilai piawai dari tim di tujuh belas kecamatan lainnya di Kabupaten Sidoarjo, " Jelas H. Asrofi kepada Akuratnews.com, Rabu (8/5/2019) kemarin.

Berdasarkan data yang diperoleh Akuratnews.com, para pemain yang masuk Tim Kabupaten Sidoarjo dalam pertandingan GSI tingkat provinsi rupanya didominasi pemain dari Kecamatan Sidoarjo.

Pertandingan GSI tingkat SMP sekecamatan Sidoarjo ini boleh jadi merupakan project percontohan bagi perkembangan sepakbola di kabupaten/kota untuk melahirkan bintang-bintang masa depan. Dengan GSI, nantinya para pemain muda tingkat SMP ini diharapkan bisa direkrut menjadi pemain nasional. Demikian Disdikbud Sidoarjo.

Penulis: Wachid Yulianto
Editor: Hugeng Widodo

Baca Juga