Cat Anti Bakteri, Inovasi Mowilex Indonesia di Tengah Pandemi

Jakarta, Akuratnews.com - Pandemi Covid-19 yang masih melanda membuat PT Mowilex Indonesia terus melakukan aksi sosial seraya mengembangkan inovasi varian cat tembok mereka.

Seperti yang saat ini dilakukan, perusahaan cat premium ini merilis cat anti bakteri untuk menunjang pola hidup sehat penggunanya.

Ide ini muncul setelah melihat kebiasaan banyak orang yang lebih memilih menghabiskan waktunya di rumah demi menjaga pola hidup sehat dan mematuhi protokol kesehatan di era pandemi.

Menyadari kebutuhan konsumen akan keamanan dan kenyamanan beraktivitas di rumah, Mowilex memproduksi produk anyar yang dinamakan Mowilex Cat Anti Bakteri.

“Seri produk baru ini dibekali silver ion AG+ yang 99,9 persen efektif melawan kuman penyakit, terutama virus, dan bakteri penyebab infeksi,” papar Direktur dan Head of R&D PT Mowilex Indonesia Novina Tjahjadi saat zoom meeting 'Mewarnai Indonesia Baru', Rabu (27/1).

Novina merinci, ada tiga produk anyar yang masuk dalam seri Mowilex Cat Anti Bakteri. Tiga varian itu adalah Mowilex Emulsion Satin, Emulsion Gloss, dan Cendana Antibacterial.

Tiga produk ini memiliki tampilan akhir beragam. Misalnya Emulsion Satin, memiliki tampilan akhir halus dan mewah, Emulsion Gloss bertekstur mengkilap, sedangkan Cendana memiliki tampilan akhir bebas kilap dengan harga yang lebih ekonomis.

Novina menjelaskan, kandungan silver ion sudah terbukti menjadi salah satu pertahanan yang efektif melawan berbagai kuman penyakit yang berupa bakteri dan virus. Hasil tes laboratorium independen berskala internasional menunjukkan silver ion dapat membunuh bakteri Staphylococcus aerus dan Escherichia coli (JIS Z 2801: Test for Antibacteria Activity dan Efficacy).

Selain itu silver ion juga efektif membunuh Human Coronavirus CoV-OC43 dan Eterovirus EV-A471, berdasarkan hasil test pengukuran aktivitas antivirus pada plastik dan permukaan tidak berpori lainnya (ISO 21702:2019).

Berbagai bakteri dan virus itu dapat ditangkal oleh silver ion dengan cara mengikat dan memecah dinding sel bakteri atau virus. Setelah dinding sel berhasil ditembus, silver ion merusak enzim metabolisme sel bakteri atau virus, sampai akhirnya sel tersebut mati.

“Teknologi ini terformulasi khusus dalam bahan Mowilex Anti Bakteri. Dengan adanya kandungan tersebut pada cat dinding rumah maupun ruang bangunan lainnya, kami berharap kesehatan konsumen lebih terproteksi,” tambah Novina.

Sementara itu, dokter spesialis anak dr Lucy Amelia,Sp.A, M.Kes mengatakan bahwa lingkungan yang sehat berpengaruh terhadap perkembangan motorik dan sensorik anak. Kehadiran cat Antibakteri Mowilex diharapkan bisa membuat lingkungan tempat anak tumbuh menjadi lebih terjamin.

“Anak membutuhkan rumah yang bersih agar tetap sehat dan aktif sehingga leluasa mengeksplorasi lingkungannya serta meningkatkan kemampuan dirinya” ujar Lucy.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga