oleh

Catat! Kongres Boemipoetra Nusantara Bukan Ajang Rasisme

JAKARTA, Akuratnews.com – Wacana Kongres Boemipoetra yang akan digelar 21-24 Februari 2019 ditegaskan salah satu inisiatornya, MS Kaban bukan sebagai ajang rasis dan diskriminasi antara pribumi dan non pribumi.

Kaban yang bertindak sebagai inisiator bidang politik Kongres Boemipoetra Nusantara menegaskan, kegiatan ini tidak ada kaitannya dengan menebar kebencian, menciptakan konflik atau kembali membenturkan pribumi dan non pribumi.

“73 tahun kita merdeka, pengelolaan SDA dan SDM belum seperti yang di amanat kan Mukadimah UUD 45 dan Proklamasi. Semakin terasa kesenjangannya,” ujar Kaban di Jakarta, Senin (4/2).

Ia menjamin kongres ini akan sangat ilmiah. Tidak ada upaya rasisme, menimbulkan konflik atau mengancam kebhinekaan.

“Saya rasa sebaliknya, kita ingin membuat kesetaraan. Dimana yang satu persen selama ini menguasai negara, coba kita setarakan,” lanjut politikus Partai Bulan Bintang (PBB) ini.

Dalam kesempatan ini, inisiator bidang ilmiah Kongres Boemipoetra Nusantara, Dr. M.D. La Ode menjelaskan, salah satu hal yang akan dilaksanakan dalam kongres ini adalah di deklarasikannya Sumpah Pribumi.

“Sumpah yang terdiri dari 5-7 butir ini mengandung kemerdekaan yang paripurna. Kembalikan khitah pribumi sebagai penguasa negeri,” jelas La Ode yang studi doktoralnya terkait pribumi.

Saat ditanya apakah nantinya akan ada gejolak akibat definisi siapa sebenarnya yang bisa disebut pribumi, Kaban mengatakan jika definisi pribumi sudah sangat jelas dan ada dalam kesepakatan internasional dan diakui Perserikatan Bangsa-Bamgsa (PBB).

“Definisinya kan jelas, orang lokal saat sebelum dan pasca invasi,” tambah Kaban.

Ketua Dewan Syura PBB ini menyatakan, siapapun presiden yang terpilih nanti harus memiliki keberpihakan kepada bumiputra.

“Saya berharap siapa pun capresnya, bangun dan lindungi pribumi. Jadikan bumiputra motor penggerak di negara ini dan menjadi tuan rumah yang sebenarnya di negaranya sendiri. Itulah tujuan dari kongres ini,” pungkas Kaban. (rianz)

Loading...

Komentar

News Feed