Laporan Warga Pengguna Jalan

Cegah Korban, Dinas LHK Sidoarjo Papras Pohon Miring di Trotoar

Kondisi pohon hampir tumbang dan mengena banyak kabel (kiri). Usai terima laporan, para petugas Bidang Pertamanan dan PJU DLHK Sidoarjo datang ke lokasi, segera melakukan pengeprasan (kanan). (Foto dok. Akuratnews.com)

Sidoarjo, Akuratnews.com - Lagi, pohon di kawasan trotoar Jalan Jaksa Agung Suprapto, Sidoarjo yang tumbuh menjulang hampir tumbang. Karena, kondisinya tampak miring dan rantingnya mengena banyak kabel.

"Nah, sebelum pohon tumbang dan membahayakan para pengguna jalan. Terlebih, di bawah pohon itu kerapkali ditempati mobil parkir. Saya langsung menghubungi instansi terkait," kata warga setempat, Dedi pada Akuratnews.com, Senin (16/9/2019).

Gayung bersambut, usai menerima laporan, tak berselang lama, sejumlah petugas dari Bidang Pertamanan dan Penerangan Jalan Umum (PJU) Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Sidoarjo mendatangi lokasi tersebut.

"Sesampainya di lokasi, para petugas itu bergegas melakukan pengeprasan pohon (dipapras) dengan menggunakan gergaji mesin. Lalu, potongan dahan dan ranting diangkut ke bak truk milik DLHK Sidoarjo. Tak hanya itu, kotoran berupa sisa-sisa kepras di sekitar lokasi pun dibersihkan," ujar Dedi.

Terpisah, Kepala Bidang Pertamanan dan PJU DLHK Sidoarjo, H. Moch. Rochjadi pada Akuratnews.com menuturkan, berkat informasi warga, sehingga pihaknya bisa segera menurunkan petugas untuk menangani pohon hampir tumbang itu.

"Saya ucapkan terima kasih kepada warga yang memberikan informasi itu. Juga, saya menghimbau bagi siapapun yang melihat kejadian serupa bisa secepatnya menghubungi DLHK Sidoarjo," harapnya. (*)

Penulis: Wachid Yulianto
Editor: Hugeng Widodo

Baca Juga