Cegah Penyebaran Virus Covid-19, Polres Pekalongan Ancam Akan Bubarkan Warga Yang Berkerumun

Pekalongan, Akuratnews.com - Virus Corona atau Covid-19 dapat menular dari manusia ke manusia dengan cepat, terutama dalam kerumunan. Karena itu, pemerintah menerapkan kebijakan social distancing atau pembatasan sosial bagi masyarakat selama dua pekan atau 14 hari. Bahkan social distancing bakal diperpanjang jika kondisi darurat pandemi Corona belum juga mereda.

Untuk itulah masyarakat diimbau agar tetap berada di dalam rumah. Jika terpaksa harus keluar rumah, upayakan menyiapkan proteksi, seperti mengenakan masker, sarung tangan, dan hand sanitizer. Selain itu, hindari kerumunan atau kemaramaian, dan sering mencuci tangan menggunakan sabun atau disinfektan.

Menyingkapi hal tersebut, Polres Pekalongan dan Polsek jajaran menggelar patroli berskala besar sebagai langkah untuk menghalau penyebaran virus corona atau COVID-19 di wilayah Kabupaten Pekalongan.

Kapolres Pekalongan AKBP Aris Tri Yunarko, S.I.K., M.Si, Rabu (25/3/3020) mengatakan, patroli skala besar ini telah dimulai pada Senin (23/3/2020) malam dan akan terus digelar sampai waktu yang tidak ditentukan.

Dikatakan Kapolres, tujuan patroli gabungan skala besar ini adalah untuk membubarkan kerumunan massa yang rawan menjadi sarana penyebaran virus Covid-19.

Ia juga sudah memerintahkan kepada cseluruh anggotanya yang melaksanakan kegiatan patroli, apabila menemukan warga yang tengah berkumpul atau nongkrong agar di bubarkan guna untuk menekan resiko penyebaran virus corona, ucap AKBP Aris.

Penulis: Syarifuddin

Baca Juga