Ciptakan Pembangunan Berkesinambungan, Pemkab Sidoarjo Gelar FKP – RKPD 2021 

Cak Nur saat menandatangani komitmen dukungan Forkopimda Sidoarjo pada Sensus Penduduk 2020 untuk Satu Data Kependudukan Indonesia, disaksikan Ketua DPRD, H. Usman,  Dandim 0816, Letkol Inf. M. Iswan Nusi, Kepala BPS, Indriyani Purwaningsih, Ketua PN, Yapi dan Sekda Zaini.
Cak Nur saat menandatangani komitmen dukungan Forkopimda Sidoarjo pada Sensus Penduduk 2020 untuk Satu Data Kependudukan Indonesia, disaksikan Ketua DPRD, H. Usman,  Dandim 0816, Letkol Inf. M. Iswan Nusi, Kepala BPS, Indriyani Purwaningsih, Ketua PN, Yapi dan Sekda Zaini.

Sidoarjo, Akuratnews.com - Sesuai regulasi, agar  tercipta pembangunan yang berkesinambungan, kewajiban pemimpin sekarang untuk merumuskan kebijakan pembangunan dalam masa transisi.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Sidoarjo/pelaksana tugas dan wewenang Bupati Sidoarjo, H. Nur Ahmad Syaifuddin, akrab disapa Cak Nur ini, saat membuka kegiatan Forum Konsultasi Publik (FKP) bertema "Menciptakan Stabilitas Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Sidoarjo yang Berdaya Saing," digelar Bappeda Sidoarjo, bertempat di Aston Hotel, Kahuripan Nirwana Village, Sidoarjo, Kamis (13/2/2020).

"2021 merupakan periode akhir kepemimpinan Bupati Sidoarjo 2016-2021. Juga, terbilang masa transisi, karena ada pelimpahan tugas kepemimpinan dari Bupati Sidoarjo 2016 - 2021 kepada Bupati Sidoarjo 2021 - 2026. Agar tercipta kesinambungan pembangunan, sesuai regulasi, Bupati Sidoarjo sekarang berkewajiban merumuskan kebijakan pembangunan masa transisi," jelasnya.

Maka itu, sambung Cak Nur, Pemkab Sidoarjo menggelar FKP ini, guna membahas penyusunan rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2021, karena memiliki arti penting dan strategis melanjutkan pembangunan daerah Kabupaten Sidoarjo.

"Dalam forum ini, saya berharap adanya usulan program-program strategis yang perlu mendapatkan perhatian dan harus diselesaikan pada masa transisi ini, selain program-program prioritas yang tercantum di dokumen RPJMD Kabupaten Sidoarjo 2016-2021," katanya.

Dalam kesempatan ini, Sekda Sidoarjo, H. Achmad Zaini mengemukakan, arah kebijakan Pemkab Sidoarjo 2021 berdasarkan visi RPJMD 2016-2021 memfokuskan dua hal.

"Yakni, pertama, mendorong terciptanya sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing melalui peningkatan kualitas dan aksesibilitas pendidikan dan kesehatan. Serta, kedua, penguatan ekonomi yang berdaya saing melalui pengembangan sektor potensial daerah, pendapatan daerah dan investasi berbasis eco industri," jelasnya.

Juga, lanjut Zaini, 2021, Pemkab Sidoarjo menetapkan lima prioritas pembangunan.

"Pertama, meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui pengembangan tata kelola pemerintahan daerah yang baik. Kedua, meningkatkan inovasi, kemandirian dan daya saing ekonomi daerah yang berbasis pada potensi unggulan daerah. Ketiga, meningkatkan aksesibilitas dan kualitas pelayanan pendidikan dan kesehatan. Keempat, meningkatkan partisipasi dan kesadaran masyarakat dalam mewujudkan tatanan kehidupan masyarakat yang aman, nyaman, demokratis, berbudaya dan agamis. Serta, kelima, optimalisasi pembangunan sistem infrastruktur daerah yang terpadu dan berkelanjutan guna mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif," urainya.

Kegiatan FKP itu, juga dihadiri Ketua DPRD Sidoarjo, H. Usman, Dandim 0816 Sidoarjo, Letkol Inf. M. Iswan Nusi, Ketua PN Sidoarjo, Yapi, Kepala BPS Sidoarjo, Indriyani Purwaningsih dan seluruh Kepala OPD di lingkungan Pemkab Sidoarjo, akademisi, BEM serta sejumlah stakeholder terkait.

Baca Juga