Ajang Sustainable Business Awards 2020/2021

Coca-Cola Europacific Partners Indonesia Raih Penghargaan

Momen CCEP Indonesia menerima penghargaan, yang dilakukan secara virtual.

AKURATNEWS - Perusahaan minuman terkemuka, Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP Indonesia) berhasil menjadi pemenang dalam Sustainable Business Awards (SBA) 2020/2021, pada dua kategori: Land Use and Biodiversity serta UN Sustainable Development Goals.

SBA diselenggarakan oleh Global Initiatives bekerja sama dengan PwC, IBCSD, dan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) untuk meninjau kepemimpinan perusahaan dalam 12 kategori, termasuk: strategi keberlanjutan, komunitas, pengelolaan energi dan air, rantai pasokan dan etika.

Presiden Direktur CCEP Indonesia, Jorge Escudero, serta Direktur Public Affairs, Communications, and Sustainability Lucia Karina menerima penghargaan secara langsung dari Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Dr. Suharso Monoarfa dalam seremoni virtual pada Kamis, 2 Juni 2022.

Penghargaan Land Use and Biodiversity serta UN Sustainable Development Goals merupakan bentuk apresiasi terhadap ’This is Forward’, rencana aksi keberlanjutan dari grup perusahaan Coca-Cola Europacific Partners, dengan fokus terhadap enam bidang sosial dan lingkungan utama dengan dampak signifikan, yakni: iklim, pengemasan, minuman, masyarakat, air, serta rantai pasokan.

Salah satu wujud komitmen terhadap salah satu bidang yang menjadi fokus ‘This is Forward’ dilakukan melalui dukungan terhadap inisiatif dari komunitas lokal dan pemangku kepentingan eksternal untuk meningkatkan keanekaragaman hayati di wilayah tempat kami beroperasi, dengan dukungan sukarelawan, bantuan finansial dan non-finansial yang berkontribusi pada upaya konservasi flora dan fauna.

Hingga akhir 2021, CCEP Indonesia telah mendonasikan lebih dari 149.000 pohon melalui program Coca-Cola Forest di Lampung, Sumedang dan Semarang; melepaskan lebih dari 216.000 penyu kembali ke laut melalui Kuta Beach Sea Turtle Conservation; membersihkan lebih dari 41 juta kg sampah melalui kegiatan Bali Beach Clean Up; menyediakan layanan pengumpulan sampah ke lebih dari 2.000 individual melalui mitra di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Penghargaan tersebut juga merupakan cerminan dari kontribusi komitmen dan upaya CCEP dalam mencapai SDGs serta mengatasi perubahan iklim dan dampaknya melalui investasi pada energi terbarukan, yakni pemasangan atap panel surya di pabrik Bekasi 1 yang merupakan bagian dari komitmen dalam pengurangan jejak karbon.

Lainnya, CCEP Indonesia menerapkan teknologi pembotolan terkini melalui Affordable Small Sparkling Package (ASSP) yang menggabungkan berbagai bahan material untuk mengurangi penggunaan plastik hingga 40%, sejalan dengan misinya dalam mempersiapkan fasilitas daur ulang botol plastik.

“Beberapa tahun terakhir adalah tahun penuh tantangan bagi CCEP, seperti halnya bagi bisnis lain. Melihat ke belakang, saya bangga bahwa prioritas kami tetap kuat. Kami terus menempatkan komitmen keberlanjutan kami sebagai prioritas utama, seraya mendukung pelanggan dan komunitas untuk berkembang di masa ini dan masa mendatang,” terang Jorge dalam sambutannya.

Dalam fokus untuk masyarakat, CCEP Indonesia juga berkomitmen untuk berkontribusi secara positif di masyarakat dengan mompromosikan keragaman dan inklusivitas, serta pengembangan ekonomi di lingkungan kerja dan komunitas lokal CCEP Indonesia. Salah satunya dengan mendorong gerakan non-diskriminasi gender di tempat kerja melalui Komitmen Kesetaraan Gender yang baru diresmikan bersama Kementerian Ketenagakerjaan RI di acara penandatangan Perjanjian Kerja Bersama (PKB) 2022 – 2024 yang diadakan pada tanggal 31 Maret 2021 lalu.

Penulis:

Baca Juga