Corona Belum Usai, PSBB Transisi Jakarta Diperpanjang Lagi

Jakarta, Akuratnews.com - Pandemi Corona (Covid-19) belum berakhir. Atas dasar itulah maka Pemprov DKI Jakarta memutuskan memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masa transisi fase I di DKI Jakarta.

PSBB Transisi ini kembali diperpanjang selama 14 hari ke depan mulai tanggal 31 Juli hingga 13 Agustus mendatang.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, selama dua pekan kebelakang kondisi di Ibukota masih belum menunjukan adanya perbaikan.

"Dari dua minggu yang lalu sampai dengan sekarang bisa dibilang kondisinya relatif sama," ungkap Anies saat live lewat Channel YouTube Pemprov DKI Jakarta, Kamis (30/7).

Saat ini positivity rate atau persentase kasus positif di Jakarta berada di 6,5 persen. Padahal standar yang ditetapkan WHO seharusnya tidak lebih dari 5 persen.

Hasilnya, jumlah tes orang baru di Jakarta terus meningkat bahkan hingga 4 kali lipat dari yang ditentukan WHO. Di sisi lain, jumlah kasus baru positif virus Corona di Jakarta juga bertambah.

Sesuai data, penambahan kasus positif harian tertinggi terjadi pada Rabu 29 Juli 2020. Angka mencapai 584 (versi Anies) atau 585 (versi situs corona.jakarta.go.id.

Kembali dibukanya kantor selama PSBB transisi juga mulai menunjukkan dampak buruk bagi penyebaran virus Corona. Munculnya klaster perkantoran ini menghasilkan jumlah kasus positif yang tak sedikit.

Data dari Satgas Covid-19 Nasional, ada 459 kasus dari 90 kantor yang menjadi klaster. Ironisnya, jumlah kantor terbanyak terdampak virus Corona ada di lingkungan Pemprov DKI Jakarta.

Ini belum termasuk klaster pasar yang mencapai 555 kasus di 107 pasar. Dan, klaster rumah ibadah, dengan jumlah 114 kasus dari 9 lokasi.

"Karena itulah dengan mempertimbangkan semua kondisi di atas, kita memutuskan kembali memperpanjang PSBB masa transisi ini di fase I untuk ketiga kalinya sampai dengan tanggal 13 Agustus 2020," pungkas Anis seraya menegaskan jika semua pihak harus terus disiplin menerapkan protokol kesehatan; pakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak.

Penulis: Rianz
Editor:Redaksi

Baca Juga