DAK SMA Tetap Berjalan dan Sedang Proses Administrasi

Kendari, Akuratnews.com - Dana Alokasi Khusus (DAK) bagi SMA di lingkup Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) tetap berjalan. Tidak seperti Instansi lain, yang ditarik di pusat guna mencegah penyebaran virus corona, khusus di bidang pendidikan dan kesehatan, DAK tersebut tetap digunakan di daerah dan tidak dikembalikan ke pusat.

Kepala Bidang SMA,Dikbud Sultra yang juga manajer DAK SMA, La Samahu mengatakan, DAK Dikbud Sultra tidak dikembalikan di pusat. Kendati demikian, namun hal tersebut tergantung pusat.

"Memang terkendala covid-19 namun tetap berjalan sesuai dengan kemampuan progres,kita juga tidak bisa paksakan. Tapi untuk pendidikan tidak dikembalikan ke pusat. Kita berharap semua akses sekolah di Sultra bisa terbantu dengan dana tersebut, " paparnya.

Terkait fasilitas yang akan dibangun ungkap mantan Manajer Dana BoS Dikbud Sultra ini, tidak berbeda dengan tahun- tahun sebelumnya. Adapun proses yang saat ini sedang dilaksanakan lanjutnya adalah sementara proses administrasi menyangkut program tersebut.

"Yang jelas sekarang masih proses administrasi dan terus berjalan," jelasnya.

DAK di bidang Pendidikan di Sultra khususnya lingkup SMA biasanya mencapai puluhan miliar setiap tahunnya. Anggaran tersebut digunakan untuk membangun sejumlah program fisik di satuan pendidikan di Sultra serta memperluas akses pendidikan.

Pada tahun 2019 lalu, SMA di Sultra mendapatkan Rp 72,3 miliar bagi 104 SMA yang bersumber dari DAK. Dana tersebut diperuntukan bagi rehabilitasi ruangan, pembangunan RKB, toilet, labolatorium, pengadaan peralatan pendidikan, media, hingga dana manajemen sekolah.

Penulis: Nazarudin

Baca Juga