Dalam Kunjungannya ke Asahan, Gubernur Sumut Buka Resmi PSBD

Gubernur Sumatra Utara, Edy Rahmayadi
Gubernur Sumatra Utara, Edy Rahmayadi

Kisaran, Akuratnews.com - Gubernur Sumatra Utara, Edy Rahmayadi bersama Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Utara, Pangdam I/Bukit Barisan berkunjung ke Kabupaten Asahan, guna membuka secara resmi Pagelaran Seni Budaya Daerah (PSBD) Kabupaten Asahan Tahun 2019.

Sebelum membuka secara resmi PSBD Kabupaten Asahan Tahun 2019, terlebih dahulu Gubernur Sumatera Utara bersama dengan Pangdam I/Bukit Barisan, Bupati Asahan, Bupati Batu Bara, Walikota Tanjung Balai, Unsur Forkopimda Kab. Asahan, Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, OPD, Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Utara, Ketua TP PKK Kabupaten Asahan serta para tamu undangan, melepas parade etnis yang terdiri dari 14 etnis yakni etnis Pak Pak, Karo, Jawa, Nias, Batak Toba, Aceh, Tabagsel, Tionghoa, India, Simalugun, Sunda, Banjar, Minang dan Melayu.

Usai melepas parade 14 etnis, Gubernur Sumatra Utara, Bupati Asahan beserta rombongan menuju lokasi PSBD, yang berada di jalan Terminal Madya Kisaran untuk membuka secara resmi acara PSBD Kabupaten Asahan Tahun 2019, Kamis (21/11/2019).

Dalam arahannya, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah Kabupaten Asahan yang telah mendukung pelaksanaan PSBD Kabupaten Asahan Tahun 2019. Yang rutin dilaksanakan 2 tahun sekali di Kabupaten Asahan.

Beliau juga mengungkapkan, bahwa Kabupaten Asahan merupakan salah satu Kabupaten di Sumatera Utara yang melestarikan seni budaya dengan cara menggelar PSBD, yang mana kegiatan ini diikuti oleh seluruh etnis yang ada di Kabupaten Asahan.

"Saya yakin bahwa Kabupaten Asahan merupakan salah satu Kabupaten yang mencintai dan dapat melestarikan seni budaya yang ada di Indonesia, khususnya di Kab. Asahan", kata Edy.

"agar dapat membesarkan dan mengevaluasi kegiatan PSBD, untuk dapat menjadi lebih baik lagi kedepannya, karena kegiatan ini sangat berguna dalam melestarikan seni budaya kepada anak cucu kita, kata Gubernur Sumatra Utara mengakhiri.

Sementara, dalam laporan ketua panitia, Rianto mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan pagelaran seni dan budaya dari 14 etnis yang tergabung dalam wadah Forum Komunikasi Antar Lembaga Adat (FORKALA) Kabupaten Asahan, pergelaran ini sejak tahun 2013 secara rutin dilakukan dua tahun sekali dan tahun 2019 ini yang ke 4 kalinya, jelasnya.

Adapun dasar pelaksana kegiatan ini adalah keputusan Bupati Asahan nomor 356-DISDIK-Tahun 2019 Tentang Pembentukan Forum Komunikasi Lembaga Adat (FORKALA) Kabupaten Asahan, ujar Rianto.

Sedangkan menurut Bupati Asahan, H Surya B.Sc dalam kata sambutannya mengatakan, atas nama Pemerintah Kabupaten Asahan, saya ucapkan terima kasih kepada seluruh Panitia dan Etnis, sebanyak 14 Etnis yang mensukseskan pergelaran seni budaya tahun ini.

"Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mempertahankan dan melestarikan nilai-nilai budaya yang ada di masyarakat, khususnya masyarakat Kabupaten Asahan",Kata Surya.

Lebih lanjut Surya menjelaskan, bahwa kegiatan pergelaran seni budaya tersebut sesuai dengan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2017 Tentang Pemajuan Kebudayaan yang objeknya antara lain tradisi dan seni.

Surya mengharapkan kepada seluruh etnis terus melakukan pembinaan atau pengkaderan bagi generasi muda masing-masing etnis agar mencintai dan melestarikan budayanya.

Adapun acara kegiatan ini, juga dirangkai dengan pelepasan balon, menandakan pelaksanaan PSBD Kab. Asahan Tahun 2019 telah dibuka dan penampilan kesenian dari beberapa etnis.

Baca Juga