Dampak Karhutla, Langit Muaro Jambi Berwarna Merah Gelap, Warga Takut

Jambi, Akuratnews.com - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Muaro Jambi terbilang parah. Akibat karhutla, langit dan suasana di Kawasan itu terlihat merah saga kekuningan.

Kondisi itu membuat aktifitas warga di sana mulai lumpuh. Warga khawatir dengan kesehatan yang makin memburuk jika cuaca akibat karhutla tak berubah.

"Pagi tadi sekitar pukul 09.00 WIB kondisi cuaca itu masih terlihat menguning, pukul 12.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB ini, cuaca di Desa Mekar Sari, Kecamatan Kumpe Ilir, Kabupaten Muaro Jambi, sudah memerah." Mustakim warga sekitar seperti dilansir detik, Sabtu (21/9/2019).

"Kami tidak berani untuk keluar rumah, warga di sini juga di dalam rumah semua karena takut, melihat cuaca yang merah karena terselimuti asap," kata Mustakim.

Selain diselimuti asap, abu dari sisa kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Jambi itu tampak berterbangan di jalan, bahkan abu-abu itu juga sampai masuk ke rumah warga, walau hanya sedikit.

"Ini bukan hanya bau asap saja yang kami hirup, tapi juga sudah bercampur abu sisa kebakaran hutan dan lahan itu. Kalau di luar abunya tampak begitu banyak yang terbang, kalau di dalam rumah ada juga berjatuhan walau tidak banyak tapi mengganggu," tutur Mustakim.

Cuaca yang buruk akibat asap itu dikatakan Mustakim terjadi sejak kemarin hingga hari ini. Langit yang menguning hingga memerah itu membuat warga yang tengah berkendara harus menghidupkan lampu kendaraan mereka untuk dapat melihat jalan.

"Cuaca seperti ini sejak kemarin, kalau kemarin itu cuman menguning saja langitnya karena diselimuti asap, sekarang ini yang parah sampai memerah seperti malam, jadi terlihat gelap. Kalau pada hari sebelumnya itu tidak seperti ini biasanya hanya diselimuti asap saja. Jadi kalau sekarang jadi takut untuk keluar rumah, untuk sekarang nafas agak terasa sesak sih dibuatnya. Anak saya juga tidak saya perbolehkan keluar rumah karena bahaya lihat kondisi udara itu," ujarnya.

Sementara itu, BMKG Jambi menilai fenomena langit yang menguning hingga memerah di Kabupaten Muaro Jambi itu merupakan akibat asap tebal yang menyelimuti wilayah itu. Kondisi itu menyebabkan sinar matahari tidak sampai ke bumi sehingga membuat langit terlihat menguning hingga memerah. (*)

Penulis: .....
Editor: Hugeng Widodo
Photographer: Dok. Detik.com

Baca Juga