Danwing 8 Lanud Suryadarma Resmi Menutup Latihan Survival 2018

Subang, Akuratnews.com - Setelah menjalani latihan selama tiga hari sejak Selasa (21/2), Komandan Wing Udara 8 Lanud Suryadarma Kolonel Pnb Suliono resmi menutup Latihan Survival Dasar Lanud Halim Perdanakusuma tahun 2018. Jumat (23/2).

Pada upacara penutupan tersebut ditandai dengan pelepasan pita tanda latihan, penerimaan piagam dan penyematan brevet survival oleh Komandan Wing Udara 8 Lanud Suryadarma Kolonel Pnb Suliono, yang berlangsung di Danau Cadas Gantung Kecamatan Dawuan, Kabupaten Kalijati, Subang, Jawa Barat.

Upacara penutupan digabungkan dengan personel Lanud Suryadarma Kalijati yang melaksanakan latihan secara bersama-sama, dan dihadiri segenap Kolat, beberapa pejabat dari Lanud Halim Perdanakusuma dan Lanud Suryadarma serta Muspika Kecamatan Dawuan.

Latihan survival dasar diikuti oleh 90 orang dari Lanud Halim Perdanakusuma  dan 133 orang dari Lanud Suryadarma. Sedangkan pelatih melibatkan Batalyon Komando 461 Paskhas.

Usai menutup latihan, Danwing 8 menjelaskan bahwa latihan survival dasar merupakan program kerja Lanud Halim Perdanakusuma dan Lanud Suryadarma tahun 2018, yang bertujuan melatih air crew dan ground crew, agar bisa bertahan hidup manakala di saat melakukan operasi penerbangan dan jatuh diarea hutan tanpa berpenghuni.

“Mereka dapat bertahan hidup dari kekurangan makanan dan lainya, sehingga harus bisa menyelamatkan diri dan kembali sampai dapat pertolongan,” ujarnya.

“Latihan survival dasar yang baru saja selesai dilaksanakan merupakan pengetahuan dasar untuk melatih dan menambah pengetahuan para awak pesawat, tentang cara bertahan hidup/survive dari kesulitan-kesulitan yang ditemui baik di darat maupun di air apabila sewaktu-waktu mengalami kondisi emergency dan jatuh di daerah lawan pada saat melaksanakan misi operasi udara,” tegasnya. (Yan/Pentak Halim PK)

Penulis:

Baca Juga