Regenerasi Pebalap Gokart Indonesia

Dapat Dukungan Intrepid, Pebalap Belia Qarrar Ikuti Kejuaraan Gokart Sekaligus Berlatih di Italia

AKURATNEWS - Pembalap belia Qarrar 'Al' Firhand dan keluarganya menggelar buka puasa bersama sekaligus diskusi ringan dengan media di salah satu restoran di kawasan Pati Unus, Jakarta Selatan.

Diskusi bersama media dilakukan jelang keberangkatannya ke Italia pada Sabtu (8/5) malam ini.

Al akan terbang didampingi ayahandanya, Firhand Ali yang sekaligus juga akan merangkap sebagai pelatih fisiknya di Italia, Jimmy Akbar yang memegang kendali sebagai manager tim dan Faris Lutfi selaku manager teknik.

Didukung penuh pabrikan sasis asal Italia, Intrepid dan officialy menjadi pembalap nomor satu di kelas mini di pabrikan Intrepid ini, Al pun akan tampil dibawah kendali tim Intrepid Driver Program.

Tim ini tak perlu diragukan lagi karena sudah melahirkan sejumlah pembalap paten hingga ke tingkat Formula 1 seperti Max Verstappen (Red Bull), Charles Leclerc (Ferrari), dan George Russell (Williams Racing).

Al bisa masuk sebagai pembalap nomor satu kelas mini di tim Intrepid Driver Program juga bukan tanpa alasan. Saat terhubung via whatsapp call dengan pimpinan sekaligus owner dari Intrepid, Mirko Sguerzoni langsung dari Italia, ia menjelaskan kalau tak sembarang pembalap luar bisa masuk di tim ini kalau tak punya prestasi.

"Qarrar adalah pembalap bertalenta yang kami perhatikan selama ini. Kami berharap Qarrar bisa lebih siap secara mental sebelum memulai balapan international di Italia nanti. Kami juga sudah fokus melihat penampilannya sejak ia melakukan balapan disini sebelumnya dan ini akan jadi program jangka panjang yang baik untuk Qarrar," jelas Mirko

Prestasi Al memang sudah tak perlu diragukan lagi. Diantaranya juara 1 kelas Mini Rok dan peraih fastest lap pada putaran 1, 2, dan 3 di Kejuaraan Nasional Gokart Eshark Rok Cup 2021 yang sudah berlangsung sepanjang Maret dan April lalu di Sentul International Karting Circuit, Bogor.

Selama di Italia, Al yang kini menginjak usia 10 akan berlatih sekaligus mengikuti berbagai event gokart internasional. Antara lain Italian Championship sebanyak 3 putaran, World Series Karting sebanyak 2 putaran, dan Italian Rok Cup Championship 1 putaran.

"Target Qarrar setelah ikut beberapa balapan internasional di Italia nanti, tetap untuk tahun depan ia akan ikut seluruh seri Italia, seluruh seri World Series Karting dan beberapa Kejuaraan dunia yang bukan seri tapi satu event satu event tapi kelas bergengsi. Ini seharusnya sudah dari tahun lalu, tapi karena covid yang baru bisa berjalan tahun ini. Supaya tahun depan itu ia akan balapan di 17 balapan dan tahun ini 11 balapan. Pelan-pelan jumlah balapannya harus naik. Tujuannya adalah mendidik dan melatih Qarrar dalam kompetisi gokart tertinggi di Dunia. Karena semua pembalap F1 itu datangnya dari World Series Karting. Jadi, ini jenjang yang harus diikuti Qarrar dengan baik," jelas Firhand.

Qarrar akan memulai balapan di Italia sejak 23 Mei hingga 27 Juni dan itu nonstop, setiap pekan ia akan bergelut dengan balapan hingga kembali ke Jakarta akan memulai balapan Kejurnas Eshark Rok Cup juga di Jakarta pada 3 Juli.

"Hasilnya dari Italia itu akan terlihat juga saat ia balapan di Sentul nanti pada awal Juli. Kita dapat dukungan pabrikan Intrepid yang bermarkas di kota Verona, sehingga sangat wajar kita memilih Italia sebagai tempat Qarrar beradaptasi dan menimba ilmu karena pabrikan itu berlokasi di Italia," lanjut Firhand diamini Faris Lutfi.

Saat balapan nantinya Qarrar tentu akan menghadapi hal berbeda dengan balapan melawan sekitar 80-120 pembalap di lintasan. Artinya, ia harus memperkuat mentalnya juga untuk menghadapi ratusan lawannya di lintasan.

"Rata-rata pembalap di Italia kan sahabat saya, saya kenal sebagian besar dari mereka karena saya sudah balapan sejak dua tahun lalu di Italia jadi sudah kenal semua. Saya sama sekali gak takut dengan ratusan pembalap itu karena kami juga teman di luar lintasan. Jadi, pasti dijalani saja dengan santai tapi tétap harus berjuang keras saat balapan," jelas pembalap kelahiran 7 Januari 2001 yang hobi sepakbola ini.

Akan dua bulan berada di Italia, bagaimna Qarrar melawan rindunya kepada ibunda dan kakak-kakaknya? “Kan ada video call, nah itu aja buat obat rindu. Lagian aku kan harus sibuk latihan dan balapan,” ungkap Qarrar ringan.

Qarrar terbilang beruntung bisa ada di tim pabrikan Intrepid. Pasalnya, menurut Faris Lutfi, Intrepid ini punya akses langsung ke tim Formula 1, Red Bull Racing. "Insya Allah kalau semua berjalan sesuai yang dicanangkan, tentu saja target inti adalah sampai ke arena F1 karena rata-rata pembalap Intrepid yang dikirimkan ke F1," tambah Firhand.

Penulis: Irish
Editor: Redaksi

Baca Juga