Data Pemilih Membengkak, KPU Sumut Kaji Ulang

Ilustrasi

Medan, Akuratnews.com - Data Pemilih di Sumatera Utara pada Pemilihan Umum 2019 masih carut marut. Buktinya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Utara melakukan upaya pemastian atau mengkaji ulang data pemilih Pemilu 2019 setelah terjadi penambahan jumlah yang dinilai cukup signifikan.

Komisioner KPU Sumut, Herdensi Adnin kepada wartawan di Medan mengatakan, saat ini pihaknya sedang mencermati data pemilih yang melonjak. Pada proses perbaikan tahap pertama, jumlah pemilih ditetapkan sebanyak 9.378.134 jiwa. Namun, dalam rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan Kedua (DPTHP-2) angka itu berubah menjadi 9.833.428 orang.

“Ada penambahan pemilih sekitar 475 ribu untuk seluruh Sumatera Utara. Penambahan itu didapat dari DPT non-DPT,” ujarnya di Medan, Jumat (23/11/2018).

Menurut dia, penambahan tersebut terjadi setelah KPU Sumut menyaring data dari DPT non-DPT yang disampaikan Kementerian Dalam Negeri. Kemudian ada juga sekitar 43 ribu pemilih yang melapor bahwa mereka belum terdaftar dalam DPT. "Karena ada penambahan pemilih tersebut KPU Sumut ingin memastikan bahwa memang mereka adalah pemilih yang memiliki tingkat validasi yang baik," terangnya.

Herdensi menyebutkan, berdasarkan rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan Kedua (DPTHP-2), terjadi penambahan sekitar 142 ribu pemilih di Deliserdang, 55 ribu di Kota Medan, 18 ribu di Langkat, 21 ribu di Binjai dan sekitar 18 ribu di Tanah Karo. Di daerah-daerah yang penambahan pemilihnya cukup besar itulah dilakukan uji petik sampe.

“Oleh karena itu, di daerah-daerah yang penambahan pemilihnya cukup signifikan, seperti Asahan, kami melakukan uji petik sampel,” sebut Herdensi.

KPU Sumut, tambah dia, ingin membuktikan apakah para pemilih yang bertambah tersebut memang berstatus MS (Memenuhi Syarat) atau TMS (Tidak Memenuhi Syarat). "Hal ini merupakan salah satu cara yang dilakukan KPU untuk meyakinkan diri bahwa penambahan data ini memang valid," pungkasnya. (HSP)

Penulis:

Baca Juga