Dijerat UU ITE, Jurnalis Dandhy Dwi Laksono Diamankan Polisi

Jakarta, Akuratnews.com - Jurnalis senior yang juga aktivis, Dandhy Dwi Laksono diamankan polisi Kamis (26/9) malam.

Peristiwa ini  pertama kali dikabarkan dalam akun Twitter resmi YLBH Indonesia @ylbhi

“! Breaking News !

@Dandhy_Laksono

Ditangkap Polda Metro Jaya. Kamis, 26 September 2019 Pukul 23.00 WIB Tempat: Jl Sangata 2 Blok i-2 No.16 Jatiwaringin Asri Pondokgede Bekasi”

Istri Dandhy, Irna Gustiawati membenarkan jika, suaminya ditangkap di kediaman mereka. Menurut Irna, penangkapan Dandhy disebabkan unggahan jurnalis yang juga sutradara film 'Sexy Killers' ini di media sosial.

"(Polisi) membawa surat penangkapan karena alasan posting di media sosial Twitter mengenai Papua," kata Irna, Kamis malam.

Kronologi penangkapan, menurut dia, bermula saat Dandhy baru tiba di rumah sekitar pukul 22.30 WIB. Sekitar 15 menit kemudian, terdengar pintu rumah digedor.

"Pukul 22.45 ada tamu menggedor pagar rumah lalu dibuka oleh Dandhy," ujar Irna.

Rombongan yang dipimpin seorang bernama Fathur itu kemudian mengaku akan menangkap Dandhy karena unggahan mengenai Papua.

Sekitar pukul 23.05 WIB, tim yang terdiri dari empat orang membawa Dandhy ke Polda Metro Jaya dengan mobil Fortuner bernomor polisi D 216 CC.

"Petugas yang datang sebanyak empat orang. Penangkapan disaksikan oleh dua satpam RT," ujar Irna.

Berdasarkan foto surat perintah penangkapan yang beredar di kalangan jurnalis, polisi menangkap Dandhy untuk diperiksa karena dia disangka melakukan tindak pidana menyebarkan kebencian.

“… diduga melakukan tidak pidana setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu dalam pasal 28 ayat 2 pasal 45 ayat 2 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang ITE dan/atau pasal 14 dan pasal 15 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang hukum pidana.”

Hingga kini, belum ada keterangan resmi dari Polda Metro Jaya atas penangkapan Dandhy ini.

Penulis: Rianz
Editor:Ahmad Ahyar

Baca Juga