Debat Pilkada DKI Jakarta Ke 2, Pengamat: Ada Perubahan Signifikan Pada Penampilan Agus

Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Agus Harimurti Yudhoyono (kanan) didampingi Sylviana Murni (kiri)

Jakarta, Akuratnews.com - Debat putaran kedua para kandidat Pilgub DKI telah digelar di Hotel Bidakara pada Jumat (27/1) malam. Terdapat sejumlah perbedaan antar masing-masing pasangan calon saat tampil dalam debat yang dipandu dua moderator Tina Talisa dan Eko Prasojo tersebut.

Pengamat Politik dari Universitas Paramadina Jakarta Hendri Satrio mengatakan, Agus tampak begitu berbeda terlihat pada pasangan nomor urut satu, Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni. Menurut Hendri, kali ini terjadi peningkatan dalam penampilan Agus dibandingkan pada debat putaran kedua.

"Peningkatan paling signifikan adalah Agus, tampak lebih tenang dan mampu mengeluarkan pendapat yang tajam bahkan tetap tenang saat ada gangguan teknis saat microphonenya mati, hanya saja Sylvi yang memulai debat dengan baik sekali sempat salah dalam memperhitungkan waktu," ujarnya saat dihubungi, Sabtu (28/1/17).

Sementara, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) tampak tenang seperti halnya pada debat pertama. Menurut Hendri, hal ini lantaran tim pemenangan Ahok cenderung menonjolkan wakil pasangannya Djarot Saiful Hidayat.

"Emosi Ahok sangat terjaga, strategi timses untuk menonjolkan Djarot cukup ampuh meredam karakter meledak-ledak Ahok," ucapnya.

Sedangkan, dalam debat putaran kedua tersebut pasangan nomor urut tiga, Anies Baswedan-Sandiaga Uno tidak mengubah strategi dalam penyampaian program-programnya.

"Anies-Sandi tidak ubah strategi jadi tidak ada satu hal yang baru, namun positifnya adalah masyarakat jadi ingat poin-poin program Anies-Sandi," ujar Hendri.

Penulis:

Baca Juga